Menu

Tiket Semifinal Tertunda. Indonesia 0 – 3 Vietnam

  Dibaca : 86 kali
Tiket Semifinal Tertunda. Indonesia 0 – 3 Vietnam

TIMNAS U-19 Indonesia terpaksa harus menerima kekalahan dari Vietnam pada pertandingan ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017. Pasukan besutan Indra Sjafri kalah telak 0-3 dari Vietnam pada laga ketiga penyisihan Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Senin (11/9) sore.

Timnas U-19 Indonesia pun harus menunggu hingga pertandingan terakhir untuk bisa melaju ke semifinal Piala AFF U-18 2017. Dengan demikian, skuad Garuda Nusantara harus meraih kemenangan dalam laga pamungkas melawan Brunei Darussalam, Rabu (13/9). Hanya kemenangan yang menjamin Egy Maulana Vikri dkk maju ke babak empat besar.

Garuda Nusantara sebenarnya tampil apik dalam laga itu. Buktinya mereka sukses kuasai 67 persen bola. Tapi memang harus diakui, bola Indonesia hanya bergulir di lini tengah karena rapatnya pertahanan Vietnam.

Pasukan Indra Sjafri sendiri harus kalah dari dua gol Le Van Nam, dan Bui Hoang. Namun meski kalah, Indonesia justru deja vu momen juara 2013 lalu.

Kala itu, Indonesia juga harus takluk pada fase grup dengan skor 1-2 dari Vietnam. Namun ketika kembali bersua di final, Garuda Muda sukses membalaskan dendam dan keluar sebagai juara.

Situasinya juga mirip-mirip. Pada 2013 lalu, kedua tim juga masuk dalam Grup B. Indonesia juga kala itu menang 2-1 atas Myanmar. Seperti diketahui, Garuda Nusantara membuka Piala AFF U-18 2017 dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Myanmar.

Jelas hal itu bisa jadi peluang buat Egy Maulana cs. Apalagi, situasi itu juga sama-sama dihadapi Indra Sjafri. So, mampukah Indonesia ulangi memori 2013 lalu?

Indonesia sebenarnya memulai pertandingan dengan sangat baik. Dalam 15 menit pertama, tercatat ada dua peluang yang diciptakan.

Menit 16, Egy Maulana nyaris membuka skor. Naun, pergerakannya dari sisi kiri gagal diselesaikan dengan tendangan.
Indonesia kembali mengancam di menit ke-23. Sayang, umpan tarik Saddil Ramdani yang mengarah ke Hanis Saghara berhasil dipotong lini pertahanan Vietnam.

Petaka justru terjadi setelah Muhammad Riyandi harus mengalami cedera. Dia akhirnya harus digantikan Muhammad Aqil menit 39. Digantinya Riyandi sangat berpengaruh. Gawang Aqil langsung kebobolan semenit kemudian lewat Le Van Nam.

Jelang babak pertama berakhir, sundulan Le Van Nam memanfaatkan umpan silang Pham Van Luan tak mampu dijangkau Aqil dan buat Vietnam unggul dua gol. Keunggulan Vietnam 2-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Usai jeda, Garuda Nusantara terus mencari gol pengecil kedudukan. M Luthfi nyaris mencetak gol lewat tendangan jarak jauh. Tapi hanya menyamping di sisi gawang Vietnam.

Vietnam pada babak kedua ini tampil lebih sabar. Mereka tampak bermain aman untuk tak kebobolan dari Indonesia. Witan kembali memperoleh peluang, tetapi tandukannya memanfaatkan umpan Simanjuntak mengarah tepat ke kiper Vietnam menit 79.

Saat Indonesia cari gol balasan, Vietnam justru kembali sukses cetak gol menit 86. Sundulan hasil tendangan pojok darinya tidak mampu dibendung pertahanan Indonesia.

Hasil itu bertahan hingga peluit akhir. Berkat hasil itu, Vietnam langsung lolos ke semifinal. Sedang, Indonesia masih harus tunggu laga lawan Brunei Darussalam. (*/ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional