Menu

Tiga Pertashop sudah Beroperasional di Tanahdatar

  Dibaca : 112 kali
Tiga Pertashop sudah Beroperasional di Tanahdatar

TANAHDATAR, METRO
Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Tanahdatar, Nofenril mengatakan, saat ini ini di daerah tersebut telah beroperasional tiga buah Pertashop. Yakni di Padang Magek Rambatan, Tanjung Bonai Lintau Buo Utara dan Andaleh Baruah Bukik Sungayang.

“Ke depan, akan dikembangkan di nagari lain, tentu dengan syarat yang sudah berlaku,” ujar Nofenril.

Nofenril menambahkan, bahwa nagari dapat mengajukan kerja sama ke pihak ketiga melalui beberapa tahapan. Yakni persiapan, penawaran, penyusunan perjanjian bersama, penandatanganan, pelaksanaan dan pelaporan.

Dalam hal itu terangnya, pelaksanaan program Pertashop, pemerintah desa/nagari dapat menyeleksi calon mitra yang mengajukan penawarannya, untuk direkomendasikan sebagai calon mitra PT Pertamina (Persero).

“Pertashop difasilitasi oleh PT Pertamina (Persero), mulai dari mesin, tangki penampungan dan biaya ongkos kirim ke tempat. Pertashop sendiri, hanya menjual bahan bakar minyak jenis Pertamax baik untuk kendaran roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan harga setara SPBU,” tandas Nofenril.

Program Pertashop merupakan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri dengan Perusahaan Terbatas (PT) Pertamina (Persero) dalam bentuk pengembangan usaha bersama untuk meningkatkan nilai ekonomi dan daya saing masyarakat. Sekaligus mendekatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan bahan bakar minyak di desa/nagari.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut, desa/nagari dapat melakukan kerja sama, baik kerja sama antar desa/nagari maupun kerja sama dengan pihak ketiga. Kerja sama itu, memberikan peluang kepada desa/nagari dalam membangun kemandiriannya, sekaligus meningkatkan kesejahteraan serta membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional