Close

Tiga Pemuda Pesta Sabu di Pasar

Sepasang kekasih makai narkoba - web
Sepasang kekasih diciduk petugas, kemarin, karena tertangkap tangan habis mengonsumsi narkotika jenis sabu di Jalan Desa Batang Tanjongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

PADANG, METRO–Satresnarkoba Polresta Padang kembali berhasil mengamankan tiga orang yang diduga terlibat dalam penyalahgunaan narkotika jenis sabu dan ganja kering, Kamis (19/11) malam di Jalan Pasar Baru Pasar Raya Padang, tepatnya di samping Bioskop Raya, Kelurahan  Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat. Ketiganya ditangkap sedang bertransaksi dan pesta narkoba.

Saat diamankan, turut disita barang bukti empat paket kecil sabu seharga Rp1,2 juta, satu paket kecil ganja kering seharga Rp50 ribu, satu timbangan digital, satu korek api mencis, dua pirek kaca, empat alat hisap sabu (bong), dua kompeng karet dan tiga bungkus plastik untuk kemasan sabu.

Informasi yang dihimpun, ketiga pelaku yang diamankan tersebut yakni Riki Putra (35), warga Kecamatan Kototangah, Andre Praminata alias Gagok (34), warga Jalan Sisingamangaraja dan Riko Candra (28), warga Jalan Aur Duri. Ketiga pelaku ini ditangkap setelah ada laporan masyarakat kepada Satresnarkoba Polresta Padang bahwa di lokasi tersebut sering terjadi transaksi dan pesta narkoba yang sangat meresahkan masyarakat.

Menanggapi informasi itu, Tim Opsnal Satres Narkoba Polresta Padang bersama tim khusus pemberantasan narkoba, melakukan penyelidikan sekitar dua minggu. Setelah didapat bukti-bukti yang cukup, kemudian pada Kamis (19/11) malam, tim yang dipimpin Kanit I, Iptu Herit Syah bergerak ke lokasi yang sudah diketahui untuk melakukan pengerebekan.

Setiba di lokasi, polisi berpakaian preman itu menyebar dan mengepung agar sasaran tidak melarikan diri. Alhasil, ketiganya pun berhasil ditangkap tanpa perlawanan. Polisi kemudian menggeledah ketiganya dan ditemukan barang bukti sabu dan ganja. Berhasil mengumpulkan barang bukti, pilisi kemudian menggiring ketiga pelaku dibawa ke Mapolresta Padang guna pemeriksaan lanjut terkait perkaranya dan terancam hukuman berat.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Wisnu Andayana melalui Kasat Narkoba, Kompol Daeng rahman mengatakan, ketiga pelaku ditangkap sedang bertransaksi dan pesta narkoba, dan memang sudah meresahkan masyarakat.

“Ketiganya sudah masuk dalam TO kita, Setelah berhasil ditangkap, kita masih melakukan pendalaman untuk mengungkap jaringannya. Saat ini ketiganya masih dalam pemerikasaan intensif oleh penyidik,” kata Daeng.

Daeng menambahkan, selain mengamankan ketiga pelaku, pihaknya berhasil menyita barang bukti berupa empat paket kecil sabu seharga Rp1,2 juta, satu paket kecil ganja kering seharga Rp50 ribu, satu timbangan digital, satu korek api mencis, dua pirek kaca, empat alat isap sabu (bong), dua kompeng karet dan tiga bungkus plastik untuk kemasan sabu.

Daeng menjelaskan, peredaran narkotika sudah meresahkan masyarakat, untuk itu pihaknya akan terus mengungkap satu persatu pelaku yang terlibat dalam peredaran maupun penyalahgunaan narkoba dan memutus mata rantainya. “Saat ini ketiganya pelaku tengah diperiksa di Mapolresta Padang. Kita akan usut tuntas siapa yang terlibat dari jaringan mereka,” tegas Daeng.

Jika terbukti bersalah ketiga pelaku akan dijerat Pasal 111, 112  dan 114 Undang-undang Narkotika No. 35 Tahun 2009 dengan ancaman maksimal dua puluh tahun penjara.

Di Pariaman, Sepasang Kekasih Konsumsi Sabu

Sementara itu, di Pariaman, sepasang kekasih juga diciduk petugas Jum’at (20/11) siang kemarin. Tim Res Narkoba Polres Pariaman mengamankan keduanya karena tertangkap tangan habis mengkonsumsi narkotika jenis sabu di jalan Desa Batang Tanjongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Pria berinisial M (28) dan teman wanita berinisial EW (33), seorang janda itu diamankan polisi berikut dengan satu paket kecil dan bong serta dua pirek berisi sisa sabu-sabu.

Kapolres Pariaman, AKBP Rico Junaldi SIK dan AKP Ardi Nasution (Kasat Res Narkoba) Polres Pariaman ketika menjawab pertanyaan POSMETRO kemarin membenarkan penangkapan tersebut. Kedua tersangka berhasil diamankan karena ada informasi masyarakat tentang mereka yang kerap melakukan pesta sabu berdua di lokasi.

Berdasarkan informasi tersebut, tersangka M ditangkap di Jalan Desa Batang Tanjongkek dan dikembangkan berhasil mengamankan seorang teman wanita M berinisial EW. Saat M ditangkap, hanya ditemukan satu bong dan dua pirek berisi sisa narkotik jenis sabu. Kemudian, kasus dikembangkan dengan melakukan penggeledahan di rumah M yang kebetulan disewa EW juga ditemukan satu lagi paket kecil narkotika jenis sabu.

”Sampai sekarang ke dua orang tersangka narkotik jenis sabu-sabu tersebut masih dalam pemeriksaan penyidik untuk pengembangan,” tandasnya. (r/efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top