Menu

Tiga Paslon Kada Kantongi Nomor Urut

  Dibaca : 158 kali
Tiga Paslon Kada Kantongi Nomor Urut
NOMOR URUT—Tiga paslon memperlihatkan nomor urut setelah didapat kan, terlihat seluruh Komisioner KPU Solsel dan Sekretaris KPU Solsel

SOLSEL, METRO
Melalui rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) dalam Pilkada serentak 2020 ditentukan. Dari tiga pasangan calon kepala daerah  yang ikut pada kontestasi Pilkada di Kabupaten itu telah memiliki nomor urut. Di antaranya.  nomor urut 1, pasangan H Khairunas –  H Yulian Efi, nomor urut 2, pasangan H Abdul Rahman – H Rosman Effendi, nomor urut tiga pasangan H Erwin Ali – Marwan Effendi.

Pengundian nomor urut pasangan calon, digelar KPU Solsel, Kamis (24/9) di aula kantor Bupati setempat, dengan disaksikan berbagai pihak terkait. Unsur pimpinan daerah, Bawaslu Kabupaten Solsel, tim pengusung pasangan calon dan sejumlah stake holder lainnya. Kegiatan pengundian, dilakukan dibawah penjagaan ketat aparat kepolisian, TNI dan Pol PP. Terutama menyangkut protokol kesehatan penanganan Covid 19.

Ketua KPU Solsel, Nila Puspita mengatakan, bahwa ketiga pasangan calon sebelumnya sudah melalui seluruh tahapan pencalonan. Kemudian, pada 23 September 2020, KPU Solsel dalam rapat pleno tertutupnya, menetapkan ketiga bakal calon tersebut menjadi calon bupati dan calon wakil bupati Solsel dalam Pilkada serentak 2020. “Melalui pemilihan badunsanak,  pengundian dan pengumuman nomor urut, ketiga pasang calon bupati dan calon wakil bupati, mendatangani deklarasi pemilihan badunsanak,” ujar Nila.

Deklarasi itu, terdiri dari sembilan poin. Yakni, menjaga keutuhan NKRI, menaati peraturan dan undang-undang, mengutamakan kepentingan Nasional dari kepentingan pribadi dan golongan, menjaga situasi yang kondusif. Dan, saling menghormati hak dan kewajiban, menjaga ketertiban umum dan lingkungan, melaksanakan pemilihan yang demokratis dan bermartabat. Mematuhi protokol penanganan kesehatan Covid 19. “PKPU nomor 13 tentang aturan pemilihan dimasa pandemi menjadi dasar bagi KPU yang harus dipatuhi dalam pasa 55. PKPU Nomor 13 itu sudah diatur siapa saja yang boleh di undang dan batasan yang boleh hadir. Maka dalam pelaksanaan pengundian nomor urut, untuk paslon kami hanya mengundang 5 orang termasuk Paslon itu sendiri,” ungkap Nila.

Untuk itu kami berharap semua pihak bisa memakluminya, hal ini dilakukan supaya tidak ada klaster penularan Covid-19 di Pilkada. Ada sangsi bagi paslon dan tim yang melanggar aturan saat pengundian nomor urut. Lalu dilakukan menandatangani pakta integritas dengan pasangan calon tentang kepatuhan dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 termasuk dimasa kampanye selama 71 hari, dimulai 26 September hingga 5 Desember. “Pada masa kampanye ada aturan yang harus dipatuhi paslon, seperti jumlah peserta pada saat kampanye. Itu harus dipatuhi,”sebut Nila.

Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Solsel, Fidel Efendi mengatakan para peserta pemilu harus mengikuti protokol kesehatan. Kepada para aparatur pihak keamanan dan penyelenggara harus bersikap tegas agar protokol kesehatan tetap berjalan selama tahapan Pilkada.  “Saat masa kampanye pasangan calon harus konsisten nematuhi protokol kesehatan, ini semua untuk menjaga kita agar terhindar dari ancaman bahaya Covid-19,” kata Fidel.

Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda menyebutkan, semua paslon harus menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan selama tahapan Pilkada.  “Mari kita menjaga pelaksanaan Pilkada ini yang aman dan nyaman. Secara bersama kita ciptakan Pilkada badunsak seperti yang diharapkan,” ujar Zigo.

Sementara Kapolres Solsel, AKBP Tedy Purnanto, menyebutkan, jangan sampai ada konflik dan gesekan di tengah masyarakat saat pelaksanaan Pilkada. Hal ini bertujuan sehingga Solsel bisa maju. “ Yang menang nanti jangan jumawa tetapi harus merangkul semuanya supaya Solsel cepat maju,” sebut Tedy.

Ketua Bawaslu Solsel, M Ansyar mengatakan, Pilkada memang sudah disepakati dengan mematuhi protokol kesehatan. Ketika memasuki masa kampanye peserta Pemilu juga harus memperhatikan protokol kesehatan.. “Untuk itu kami mengajak peserta pemilu mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan sehingga isu Solsel yang sering ribut bisa dihilangkan dan ini menjadi tanggung jawab kita semua,” kata Ansyar.

Hadir pada kesempatan itu, Kajari Solsel M Bardan, Pabung Dandim 0309 Solok Kapten Inf Betrimeldi, Sekretaris KPU Solsel, Azmi, Sekretaris Gerindra Isyuliardi Maas, Sekretaris LKAAM, Attila Majidi Dt Sibungsu, ketua DPD PKS Solsel, Effendi Muharram, Tim pemenangan Khairunas Yulian Efi, Jal Ayah, Aprizal Dani, Sekretaris PAN, Edi Murni dan istri Erwin Ali dan Marwan Efendi serta lainnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional