Menu

Tiga Komplotan Curanmor Digulung, Mencoba Kabur Pelaku Utama Didor

  Dibaca : 212 kali
Tiga Komplotan Curanmor Digulung, Mencoba Kabur Pelaku Utama Didor
Timah Panas Polisi— Tiga pelaku curanmor ditangkap jajaran Polsek Lubuk Kilangan, Rabu (28/10). Satu dari tiga pelaku tersebut harus dihadiahi timah panas polisi di bagian kaki.

PADANG, METRO
Polisi melumpuhkan satu dari tiga pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) dengan cara melepaskan tembakan di bagian kakinya. Tiga pelaku berhasil terungkap berdasarkan rekaman CCTV ketika mereka melancarkan aksinya di samping toko bangunan YD di daerah Lubuk Kilangan pada Selasa (27/10) sekitar pukul 10.18 WIB.

Ketiganya ditangkap jajaran Polsek Lubuk Kilangan, Rabu (28/10) sekitar pukul 05.00 WIB. Satu dari tiga pelaku tersebut bahkan harus dihadiahi timah panas polisi karena berusaha melawan dan kabur saat akan ditangkap.

Tiga pelaku yang ditangkap masing-masing bernama Dedek Firmansyah (26), Febi Kotta (34), dan Meta Gusriadi (28).

“Kronologis penangkapan berawal ketika personil gabungan Reskrim dan Intel Polsek Lubuk Kilangan melakukan penyelidikan terhadap perkara tindak pidana curanmor yang terjadi pada Selasa (27/10) pukul 10.18 WIB dengan TKP samping toko bangunan YD,”ujar Kapolsek Lubuk Kilangan AKP Edriyan Wiguna.

Berdasarkan olah TKP dan hasil rekaman CCTV, diketahui pelaku berjumlah 3 orang dengan menggunakan kendaraan sepeda motor Honda Vario warna putih. Satu orang terpihat turun dari sepeda motor dan langsung mengambil motor Yamaha Vixion yang terletak di samping toko bangunan tersebut.

“Setelah dilakukan identifikasi diketahui keberadaan salah seorang pelaku bernama Febi Kotta di Kapalo Koto Kecamatan Pauh, personil langsung bergerak dan menemukan pelaku sedang duduk di depan rumah, selanjutnya pelaku diamankan tanpa ada perlawanan,”sebut AKP Edriyan Wiguna.

Berdasarkan keterangan pelaku Febi Kotta, diketahuilah keberadaan rekannya Meta Gusriadi. Pelaku ini diamankan di rumah mertuanya di kawasan Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh.

“Di rumahnya kita mengamankan satu unit sepeda motor Honda Vario warna putih BA 2059 QY yang dipergunakan pelaku dalam melaksanakan aksinya, sesuai dengan yang ada di rekaman CCTV ketika beraksi ,”jelas AKP Edriyan.

Setelah dilakukan pengembangan, diketahui pelaku utama ataupun pemetik sepeda motor adalah Dedek Firmansyah. Sehingga seluruh personil bergerak ke rumah mertuanya di Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung dan berhasil diamankan ketika sedang tidur.

“Berdasarkan hasil keterangan Dedek Firmansyah, sepeda motor Yamaha Vixion warna putih BA 4489 BF yang dicurinya berada di rumah kontrakannya di Kapalo Koto. Di saat personil berangkat menuju lokasi yang ditunjukan inilah pelaku mencoba melawan dan melarikan diri dan terpaksa dihentikan dengan melakukan penembakan,”,”lanjut AKP Edriyan.

Akhirnya, satu unit sepeda motor Yamaha Vixion warna putih BA 4489 BF, serta satu buah kunci Letter T yang di gunakan pelaku untuk melancarkan aksinya dan satu buah kaleng cat Pilox warna merah yang digunakan mengubah warna body sepeda motor diamankan dari kontrakan pelaku.

Seluruh barang bukti dibawa ke Polsek Lubuk Kilangan guna penyidikan lebih lanjut. Sedangkan pelaku Dedek Firmansyah dibawa ke RS Bhayangkara guna mendapat perawatan.

“Dedek mengakui telah dua kali melakukan tindak pidana curanmor di wilayah hukum Polsek Lubuk Kilangan dan telah dilakukan penyitaan terhadap satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul warna asli merah namun cat telah dirubah tersangka menjadi warna merah gold,”pungkas AKP Edriyan. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional