Close

Tiga Ketua Umum Parpol di KIB Perebutkan Kursi Capres

Totok Daryanto

JAKARTA, METRO–Bendahara Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto menegaskan, sampai saat ini belum ada pembicaraan tokoh yang akan diusung dari luar partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Pilpres 2024. Terlebih, tiga partai politik yang ada di KIB yakni PAN, Partai Golkar dan PPP mempunyai masing-masing reputasi yang baik.

“Kalau sampai ada figur di luar internal akan jadi masalah dan kita perlu diskusi, KIB punya platform yang perlu dibangun bahwa koalisi ini menjadi komitmen semacam hubungan ijab kobul dalam sebuah keluarga, maka boleh saja diandaikan kita akan sampai sesuai itu komitmennya,” kata Totok dalam diskusi dengan tema Peta Koalisi Pasca Kelahiran KIB di Jakarta, Jumat (15/7).

Internal PAN, kata Totok, mempunyai beberapa tokoh yang memiliki reputasi baik, seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Tak hanya itu, Partai Gol­kar juga memiliki Airlangga Hartarto dan PPP juga mempunyai Suharso Mo­noarfa yang dinilai merupakan figur baik di pemerintahan saat ini. “Jadi ketika kepentingan partai berada di kepentingan rakyat, artinya survei-survei secara nasional apa yang menjadi keinginan harus dipertimbangkan,” ucap Totok.

Meski demikian, terkait tokoh calon presiden dan calon wakil presiden di KIB sampai saat ini belum dibicarakan. Sehingga membutuhkan kesepakatan bersama dalam melakukan startegi untuk memenangkan Pemilu 2024. “Jadi kita bisa duduk diskusi dan pada pencapresan bisa diumumkan menjadi keputusan bersama,” tegas Totok.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD I Partai Golkar Melky Laka Lena. Dia menyatakan, internal KIB mempunyai tokoh yang sangat mungkin untuk diusung pada Pilpres 2024. Dia menegaskan, ma­sing-masing ketua umum partai politik di KIB layak untuk maju pada Pilpres 2024. “Karena tiga ketua umum partai KIB berkelas semua,” ujar Melky.

Menurut Melky, tiga ketua umum partai politik di KIB saat ini juga duduk di Kabinet Indonesia Maju membantu pemerintahan Joko Widodo-Ma­ruf Amin. Karena itu, masing-masing ketua umum parpol di KIB memiliki kua­litas dan kapasitas yang layak untuk diusung pada Pilpres 2024.

“Peta capres KIB ini, pak Airlangga, Zulhas dan Suharso sehingga dimulai dengan yang diajukan dengan kandidat itu dalam dirinya dulu, jadi mereka ini tokoh-tokoh semua,” ungkap Mel­ky. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top