Menu

Tiga Kelurahan di Bungus Dikepung Banjir, 150 Rumah Terdampak, Ketinggian Air Sepinggang

  Dibaca : 109 kali
Tiga Kelurahan di Bungus Dikepung Banjir, 150 Rumah Terdampak, Ketinggian Air Sepinggang
BANJIR— Salah seorang warga berjalan di tengah genangan banjir setinggi sepinggang orang dewasa di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Sementara tim gabungan melakukan pembersihan pohon tumbang di Kecamatan Lubuk Kilangan.

PADANG, METRO
Hujan dengan intensitas tinggi serta disertai angin kencang yang melanda kota Padang sejak siang hingga sore hari, Senin (11/1) menyebabkan terjadinya pohon tumbang dan bencana banjir di beberapa kawasan permukiman masyakat di Kota Padang.

Untuk pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, sekitar pukul 15.46 WIB. Peristiwa tersebut sempat membuat jalur tersebut terjadi kemacetan selama proses evakuasi. Pihak kepolisian pun di kerahkan untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi tersebut.

“Pohon yang tumbang berjenis pohon Lacik-lacik, dengan panjang 20 meter dan sempat menghambat akses lalu lintas selama lebih kurang satu jam. Tim reaksi cepat (TRC), serta stakeholder lainnya yang turun ke lokasi bergerak cepat melakukan pembersihan hingga arus lalu lintas kembali normal,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Sutan Hendra.

Sementara, ditambahkan Sutan Hendra, untuk genangan air terjadi di kawasan Kuranji, Bungus, Pengambiran, serta Jondul Rawang. Khusus di kawasan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa.

“Sekitar 150 warga di Kecamatan Bungus terdampak akibat banjir yang berasal dari luapan sungai. Sedangkan di beberapa titik genangan air rata-rata sertinggi mata kaki orang dewasa,” ungkap Sutan Hendra.

Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Bungus Teluk Kabung, Muhammad Latif yang di hubungi via seluler. Dikatakannya, masyarakat yang terdampak banjir saat ini telah mencari lokasi aman menunggu air surut. Ada tiga kelurahan yang terdampak, yaitu Kelurahan Bungus Selatan, Bungus Barat dan Bungus Timur.

“Banjir dengan debet air mencapai 80 cm hingga sepinggang orang dewasa terjadi di beberapa lokasi diantaranya yaitu kawasan Batang air Muaro Karolina, Bungus Selatan air sampai ke jalan umum, Batang Air Timbalum Kandang, Simpang Ampek Bungus Barat, Perumnas Alai,” sebut Muhammad Latif.

Muhammad Latif menambahkan, lokasi selanjutnya yaitu Batang Air Lasuang Kampung Pinang Bungus Timur, Batang Kandang Dama, dan Looh Timbalun Kalampaian Bungus Timur, Batang Air Koto Lalang dan Maransi Koto Gadang, air sudah sampai ke jalan dengan tinggi lebih kurang 80 cm.

“Sekarang warga sedang membersihkan dan menunggu air surut kembali. Warga pun sekarang sudah kita upayakan cari tempat yang lebih aman. Sekitar lebih kurang  150 rumah yang terdapak oleh banjir tersebut. Namun kita belum menghitung kerugian warga sampai saat ini, yang terdiri dari lahan pertanian, perabot rumah tangga, dan beberapa ternak peliharaan masyarakat,” tutupnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional