Menu

Tiga Kabupaten sudah Terima Surat Suara

  Dibaca : 74 kali
Tiga Kabupaten sudah Terima Surat Suara
LOGISTIK PEMILU— KPU Sumbar mengadakan rapat di aula KPU Sumbar terkait ketersedian logistik pemilu di kabupaten/kota. Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengklaim semua kebutuhan logistik masih terbilang aman.

PADANG, METRO – Sekitar 66 hari jelang hari pencoblosan 17 April 2019 mendatang, surat suara mulai tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupetan kota. Surat Suara yang telah sampai yakni di KPU Pesisir Selatan, KPU Kabupaten Solok dan KPU Tanahdatar.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengharapkan kepada KPU kabupaten/kota untuk segera melakukan koordinasi dengan Bawaslu, kepolisian serta stakeholder yang ada di daerah terkait pengamanan logistik pemilu.

“Informasi yang kita terima dari perusahaan percetakan yang ada di Jawa Timur, memang sudah ada yang telah dikirim ke daerah seluruh Indonesia yakni surat suara termasuk Sumatera Barat,” ujar Amnasmen, Minggu (10/2).

Ia menambahkan, evaluasi yang dilakukan dengan KPU kabupaten/kota, sejauh ini untuk semua kebutuhan logistik masih terbilang aman. Namun ada juga di beberapa kabupaten/kota yakni Sijunjung, Payakumbuh, ada beberapa kotak suara yang rusak. Akan tetapi itu sudah diatasi dan pihak rekanan telah bersedia mengganti.

Sementara itu anggota pokja pengaman logistik Polda Sumbar, AKBP Faisal mengatakan, polri sepenuhnya mendukung kegiatan KPU pada Pemilu 2019 ini. “Setiap tahapan pemilu termasuk logistik, kalau memang polri dibutuhkan untuk pengawalan dari percetakan sampai ke TPS Polri, kami siap,” ujar AKBP Faisal.

Sementara itu, Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi, mengatakan bahwa surat suara untuk KPU Kabupaten Pesisir Selatan telah sampai di gudang KPU, Sabtu (9/2). “Surat Suara yang telah sampai ke KPU kabupaten Pesisir selatan berjumlah 1.357.545 lembar untuk jenis surat suara DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten. Tetapi untuk surat suara DPD mungkin akan sampai dalam waktu dekat,” ujar Epaldi.

Sementara itu, di KPU Kabupaten Tanahdatar, baru hanya dua jenis surat suara yang sampai. Yakni surat suara DPR dan DPRD kabupaten dengan jumlah 564.297 lembar surat suara.

“Surat suara untuk DPR-RI Sumatera Barat 1 berjumlah 282.148 lembar sebanyak 565 pak. Untuk surat suara DPRD Kabupaten Tanah Datar dapil 1 sebanyak 73.659 lembar, Dapil 2 berjumlah 67.165 lembar, Dapil 3 sebanyak 73.744 lembar dan Dapil 4 berjumlah 67.581 lembar” ujar Ketua KPU Tanahdatar, Fitri Yenti.

Ditambahkannya, ada tiga jenis surat suara yang belum sampai di Tanahdatar, yakni surat suara presiden dan wakil presiden, surat suara DPD RI dan surat suara DPRD Provinsi.

“Informasi didapat dari percetakan masih dalam proses cetak dan packing, berkemungkinan minggu depan telah sampai ke KPU Tanahdatar,” ujarnya.

Fitri menjelaskan, surat suara yang diterima dalam kondisi baik. “Alhamdulillah dalam kondisi baik dan tersegel. Untuk proses perakitan kotak masih ada beberapa lagi yang belum terakit semua, berkemungkinan dalam dua hari ke depan selesai,” ujarnya.

Menurutnya, secara keseluruhan logistik yang datang hari ini belum dipastikan apakah jumlah per pak sesuai atau tidak dan belum diketahui apakah ada yang rusak.

“Kita akan lakukan saat sortir dan pelipatan, untuk sekarang SOP-nya KPU hanya menghitung jumlah pak dan langsung dimasukan ke gudang,” tutupnya. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional