Menu

Tiga Hari di Sumbar, Andre Rosiade Geber Bantuan dan Aneka Pelatihan

  Dibaca : 176 kali
Tiga Hari di Sumbar, Andre Rosiade Geber Bantuan dan Aneka Pelatihan
HADIRI BIMTEK— Andre Rosiade saat menghadiri Bimtek dan Kewirausahaan Bagi IKM Servis Elektronik di Dharmasraya.

ADINEGORO, METRO
Anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 1, H Andre Rosiade SE benar-benar all out untuk kepentingan para konsituennya. Tiga hari di Sumbar, Jumat-Minggu (20-22/11), anggota Komisi VI itu menggelontorkan ratusan juta bantuan dan menggelar sejumlah pelatihan di empat daerah, Padang, Sijunjung, Dharmasraya dan Tanahdatar.

Sebagai mitra Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Andre memasilitasi puluhan warga mengikuti sejumlah pelatihan yang digelar bersama. Seperti Pelatihan IKM (Industri Kecil dan Menengah) Kementerian Perindustrian dengan tema “Service Barang- Barang Elektronik” di Dharmasraya. Pelatihan IKM Kemenperin dengan tema “Konveksi” di Tanahdatar. Selanjutnya Pelatihan IKM Kemenperin dengan tema “Olahan Pangan dari Buah” di Kota Padang.

“Alhamdulillah, pelatihan-pelatihan dengan Direktorat IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin berjalan baik. Selain mendapatkan skill dari para ahlinya, para peserta juga mendapatkan bantuan peralatan dan bisa segera memulai usaha,” kata Andre yang mendapatkan dukungan penuh dari Pemko Padang, Pemkab Dharmasraya dan Pemkab Tanahdatar itu.

Selain itu, di Kota Padang dan Sijunjung, Andre bersama PT Pertamina juga menggelar pelatihan membuat kue yang diikuti puluhan peserta. “Ini adalah bagian dari pemberdayaan perempuan yang kami lakukan dengan memberikan skill dalam pembuatan kue. Para peserta juga diberikan peralatan dan bahan untuk segera memulai usaha. Semoga ini membantu dalam menghadapi pandemi,” kata Andre Rosiade lagi.

Sabtu (21/11), Andre mengunjungi sejumlah titik di Sijunjung dan menebar bantuan lebih dari Rp225 juta. Memulai kedatangannya, Andre menyinggahi Masjid Nurul Taufiq, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung. Di sana, Andre menyerahkan bantuan program kemitraan berbasis lingkungan (PKBL) senilai Rp 75 juta. Andre menyerahkan bersama anggota DPRD Sijunjung Endri Besmen.

Wali Nagari Pematang Panjang Rio menyebutkan, tidak pernah terlintas anggota DPR RI hadir ke masjid yang mereka. Apalagi membawa bantuan yang sangat banyak. Katanya, Pematang Panjang punya 11 jorong dengan 7.500 penduduk dan pemilih 4.500. “Sayangnya, di nagari terbesar di Kecamatan Sijunjung ini tidak punya pasar nagari sendiri. Kami sudah memersiapkan lahan di sekitar jalan lintas Sumatra (Jalinsum) kalau ada yang membangun,” katanya.

Andre Rosiade mengatakan, itu adalah komitmen sebagai wakil rakyat, apalagi merupakan putra asli Sijunjung, tepatnya Tanjung Ampalu, Kecamatan Koto VII. “Hari ini kita bawa bantuan untuk masjid. Berikut soal pasar, kami telah mengusulkan ke Kementerian Perdagangan pasar di Pematang Panjang ini. Insya Allah 2021 bisa dibangun dengan nilai Rp4 miliar,” kata Andre.

Di hari yang sama, Andre melakukan prosesi adat batogak tonggak tuo Rumah Gadang Bagindo Maharajo Indo, Rajo Adat Jambu Lipo, di Nagari Lubuak Tarok, Sijunjung. Sebelumnya, Andre dan tim dijamu dengan penganan khas Lubuak Tarok, godok obuih di Istana Kalambu Suto yang tak jauh dari lokasi batagak tonggak tuo (mendirikan tonggak tua rumah adat).

Wali Nagari Lubuak Tarok, Zulriatman meminta Andre Rosiade tidak hanya membantu Rumah Gadang Bagindo Maharajo saja. Tetapi juga membantu pemugaran rumah adat se-Lubuk Tarok yang jumlahnya cukup banyak.

Andre Rosiade menyebutkan, proposal rehabilitas Rumah Gadang Bagindo Maharajo sudah masuk beberapa waktu lalu dan langsung dieksekusi Rp 100 juta. Dia siap membantu pemugaran rumah-rumah adat lainnya di Lubuak Tarok. “Mohon diberikan saja kami proposalnya, insya Allah akan kami bantu memasilitasi dengan Kementerian PUPR. Karena, jumlahnya sangat banyak,” kata Andre Rosiade didampingi Ketua DPRD Sijunjung Bambang Surya Irawan.

Bersama Ketua DPC Partai Gerindra Sijunjung, Andre juga menyerahkan bantuan untuk Mushalla Mujahidin Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan dalam bentuk bantuan PKBL Rp50 juta. “Ini bantuan tahap awal, agar mushalla ini cepat berdiri dan kabarnya akan dipakai untuk Ramadhan tahun depan. Semoga kami bisa membantu di kesempatan lainnya,” kata Andre yang juga bersilaturahmi dengan warga Kupitan.

Andre juga bertemu dengan waga Nagari Bukit Bual, Kecamatan Koto VII langsung dipandu Wali Nagari Otriwandi. Di sana, Andre berdialog cukup komunikatif dengan warga. “Suara pak Andre di sini dulu sangat banyak. Tak salah kiranya beliau kembali mengunjungi kita,” kata Wali Nagari Otriwandi.

Di Dharmasraya, Jumat (20/11), Andre menyempatkan diri berkeliling Pasar Sungai Rumbai untuk menyapa warga. Setelahnya, ketua DPD Gerindra Sumbar itu mendatangi Surau Lokuok, Jorong Batang Tobek, Nagari Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, Dharmasraya.

Tokoh masyarakat Tebing Tinggi, Heri Saputra menyebutkan, biasanya, warga Dharmasraya banyak melihat Andre Rosiade begitu tegas berdebat di televisi nasional. Juga hadir di media cetak, online dan lainnya. Namun hari itu, mereka bisa menyaksikan Andre Rosiade hadir di tengah-tengah mereka dan juga memberikan bantuan kepada mereka.

“Kami melihat pak Andre sangat sering memberikan bantuan ini dan itu kepada masyarakat Sumbar saat virus corona ini ada. Kami juga berharap, selain bantuan untuk mushalla atau surau ini, jug ada bantuan lain untuk masyarakat di Tebing Tinggi. Apalagi pak Andre berada di Komisi VI yang begitu dekat dengan Kementerian bidang ekonomi dan UMKM,” katanya.

Andre Rosiade memahami kondisi warga Sumbar saat wabah Covid-19 belum mereda dan takt ahu kapan selesainya. Dia berharap, warga selalu berjuang untuk bersama-sama keluar dari masa-masa sulit ini. “Kami akan terus bersama warga. Karena Andre Rosiade adalah anggota DPR RI paling sering ke Dharmasraya. Hari ini kami bantu Surau Lokuok Rp50 juta. Insya Allah kami akan bantu juga yang lainnya,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Anggota DPRD Dharmasraya Rosandi Sanjaya berterima kasih atas kedatangan Andre kembali ke Dharmasraya yang disebutnya sudah lebih dari lima kali dalam 2020 ini. Itu adalah bukti, meski menjadi wakil rakyat di Senayan, Andre Rosiade tidak melupakan konsituennya dan selalu datang. “Kami akan menyinergikan program-program kami di DPRD dengan pak Andre di DPR RI dan juga ketua DPD Gerindra Sumbar. Semoga kita semua bisa berbuat yang terbaik untuk warga Dharmasraya,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional