Menu

Tiga Bulan Vakum, Samsat Drive Thru Kembali Normal 

  Dibaca : 585 kali
Tiga Bulan Vakum, Samsat Drive Thru Kembali Normal 
LAYANAN— Loket pelayanan Samsat di MPP Balai Kota Payakumbuh kembali melayani wajib pajak.

POLIKO, METRO
Setelah hampir tiga bulan tidak memberikan layanan alias vakum, kepada masyarakat akibat mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), kantor UPTD Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Payakumbuh kembali mengoperasikan Samsat drive thru dan pelayanan di Mal Pelayan Publik (MPP) Balaikota. Kedua program itu diaktifkan guna mempersingkat proses yang biasanya panjang di kantor UPTD Samsat.

Kepala UPTD Samsat Kota Yanidar, Senin (13/7), mengatakan pasca penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan dimulainya pemberlakuan new normal, layanan publik bayar pajak kendaraan mulai kembali beroperasi di MPP di lantai dasar kantor Balai Kota Payakumbuh, sejak pertengahan Juni lalu. Sedangkan untuk pelayanan drive thru seminggu kemudian juga beroperasi melayani masyarakat wajib pajak kenderaan bermotor.

“Kita kembali membuka layanan pajak itu untuk memudahkan masyarakat supaya tidak terjadi antrian panjang di kantor induk, apalagi kondisi saat ini belumlah sepenuhnya normal. Karena masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan dalam segala hal,” sebut Yanidar, ketika berbincang dengan Wartawan di kantornya baru-baru ini.

Dikatakan, meski pelayanan Samsat sudah dibuka kembali di Drive Thru dan MPP, tetapi tetap mengikuti aturan protokol kesehatan. Pakai masker baik petugas maupun masyarakat, jaga jarak, ukur suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun sebelum masuk ruangan pelayanan. Hal ini diterapkan guna menghindari penyebaran lebih luas dampak virus corona.

“Di MPP menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19. Aturan diberlakukan wajib masker, jaga jarak dan yang paling penting setiap pengunjung diukur suhu tubuhnya. Lebih dari 38°C, akan disuruh pulang atau memeriksakan diri ke puskesmas dulu,” katanya.

Yanidar menyebut saat ini pelayanan yang diberikan Drive Thru dan di MPP masih sama seperti sebelum adanya wabah virus corona. Dimana, setiap hari dapat melayani sedikitnya 50 wajib pajak. Petugas Samsat yang ditempatkan juga sama tidak ada penambahan. “Tidak ada perbedaan layanan dari sebelum adanya wabah virus corona,” sebutnya.

Dikatakan, untuk Payakumbuh, lokasi Samsat drive thru ini terletak di terminal Koto nan Ompek, Payakumbuh Barat. Bangunan itu dalam memberikan pelayanan menyediakan tiga loket pembayaran bagi wajib pajak.  “Sejak awal diharapkan kehadiran Samsat drive thru dan MPP ini dalam upaya kita memberikan pelayanan prima dan maksimal kepada wajib pajak. Selain itu, Samsat drive thru ini juga untuk memberantas praktik pungutan liar (pungli), suap dan korupsi yang sering terjadi dalam pengurusan dan pembayaran surat-surat kendaraan bermotor,” kata Yanidar.

Terlihat di tempat pelayanan Samsat di MPP di era new normal ini masyarakat wajib pajak cukup banyak untuk mendapatkan pelayanan. Hal ini karena di MPP disamping berada dipusat Kota, murah dijangkau juga cepat dan tepat. Masyarakat tidak perlu lama menunggu untuk membayar pajak kenderaan bermotor langsung dilayani.

Salah seorang warga ketika di Samsat MPP Balai Kota Payakumbimuh, mengaku senang. Menurutnya, di samping petugasnya ramah, pelayanan yang diberikan juga cepat, tepat dan mudah. “Pelayanannya cepat, jadi waktu kita tidak lama menunggu sudah dilayani. Dan petugasnya juga ramah, jadi kita senang. Ya, mudah mudahan pelayana  Samsat makin baik dan mudah dijangkau wajib pajak,” harapnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional