Menu

Tidak Terima Atas Putusan PT, Kuasa Hukum Layangkan Kasasi

  Dibaca : 401 kali
Tidak Terima Atas Putusan PT, Kuasa Hukum Layangkan Kasasi
SIDANG— Dua terdakwa yang diduga melakukan pembunuhan, menjalani sidang di Pengadilan Negeri Kelas I A Padang dengan agenda pembacaan vonis pada beberapa waktu lalu.

PADANG, METRO
Kuasa hukum dari  Efendi Putra dan Eko Sulistiyono, yang merupakan security PT. Teluk Bayur yang terlibat kasus dugaan pembunuhan terhadap korbannya yaitu Adek Firdaus, pada beberapa waktu lalu menyatakan kasasi.

Pasalnya, adanya kasasi ini, karena keluarnya hasil putusan dari Pengadilan Tinggi (PT) Padang. “Hasil putusan PT sudah ke luar pada 26 November 2020 lalu, di mana hasilnya menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Padang,” kata kuasa hukumnya, Sonny Dali Rakhmat, Senin (4/1).

Ditambahkan, dengan adanya kasasi, diharapkan ada membawa hasil yang diharapkan, bagi klien kami. “Kami berharap, dengan adanya kasasi hendaknya, klien kami lepas dari jeratan hukum, mengingat mereka menjaga aset negara,” ujar Sonny.

Sementara ditempat terpisah, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang, Yarnes, saat dihubungi melalui hand phone genggam menuturkan, akan melihat kasasinya dulu. “Ya kami lihat dulu kasasinya,” ujar Sonny.

Sebelumnya, terdakwa Eko Sulistiyono divonis, oleh majelis hakim PN Kelas IA Padang, selama satu tahun dan enam bulan dan terdakwa Efendi Putra divonis empat tahun dan enam bulan.

Menurut majelis hakim, Eko Sulistiyono, terbukti melanggar pasal 351 ayat 1 dan Efendi Putra terbukti melanggar pasal 351 ayat 3. Dalam pembacaan putusan tersebut, sempat diwarnai aksi teriakan oleh rekan seprofesi yang sama-sama bertugas diarea PT.Teluk Bayur.

 Vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim, sedikit berbeda dengan, tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pasalnya,  JPU menuntut kedua terdakwa dengan tuntutan berbeda. Terdakwa Efendi dituntut tujuh tahun penjara dan terdakwa Eko dituntut dua tahun enam bulan penjara oleh JPU.

JPU berpendapat kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Tak terima dengan putusan PN Kelas I A Padang, akhirnya kuasa hukum, melakukan upaya banding ke PT. Namun PT menguatkan putusan PN, sehingganya kuasa hukum terpaksa melakukan kasasi. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional