Menu

Tidak Melibas Premanisme, Jenderal Listyo Warning Kapolda dan Kapolres

  Dibaca : 408 kali
Tidak Melibas Premanisme, Jenderal Listyo Warning Kapolda dan Kapolres
TANGKAPAN—Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (tengah) didampingi Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Guruh Arif Darmawan (kiri) dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis (kanan) di Markas Polres Metro Jakarta Utara, Jumat (11/6) lalu hasil penangkapan sejumlah preman.

JAKARTA, METRO–Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan jajarannya di Polda dan Polres bergerak cepat menindak te­gas aksi premanisme yang men­jadi atensi khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, penindakan terhadap premanisme juga bagian dari pemeliharaan ke­ama­nan dan ketertiban masya­rakat (harkamtibmas) dalam Program Polri Presisi yang harus ditindaklanjuti oleh selu­ruh anggota dan jajaran di la­pangan.

Jenderal Lisyo Sigit mene­gas­kan akan menegur Kapolda maupun Kapolres yang belum bergerak melakukan penin­da­kan premanisme.

“Kalau belum action juga, saya selaku Kapolri yang akan tegur,” tegasnya dalam kete­rangan tertulisnya diterima di Jakarta, Jumat (11/6) kemarin. Jenderal bintang empat itu meminta semua Polda, serta kepala Bareskrim merespons cepat dan mengambil langkah-langkah apabila ada penga­duan dari masyarakat.

“Apabila ada pengaduan dari masyarakat terkait gang­guan kriminalitas yang dila­kukan para preman, pelaku cu­ras, dan tu­kang palak dan pe­ras, dan para pelaku kejahatan konvensional lainnya, untuk segera dibe­ran­tas habis,” kata dia.

Jenderal Sigit memastikan dirinya bakal langsung mela­kukan pemantauan seluruh jajarannya terkait pemberan­tasan pelaku kejahatan atau­pun premanisme.

“Saya akan ikuti per­kem­bangan di lapangannya apakah sudah dilaksanakan dengan baik atau belum,” ungkap man­tan Kabareskrim Polri itu.

Jenderal Sigit menjelaskan untuk membuat rasa aman dan tenang masyarakat, maka su­dah ada aplikasi 110 dan Dumas Presisi.

“Apabila ada masyarakat yang mengalami gangguan terkait kamtibmas dan krimi­nalitas, bisa hubungi nomor tersebut untuk segera bisa direspons anggota di la­pa­ngan,” katanya.

Tidak hanya itu, Jenderal Sigit menyebut, jajarannya juga harus merilis hasil penin­dakan­nya terhadap aksi premanis­me. Tujuannya, untuk membuat efek jera dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat berdialog dengan pengemudi kontainer di wila­yah Tanjung Priok, Jakarta Uta­ra, Kamis (10/6), menelepon Ka­polri Jenderal Listyo Sigit Pra­bowo untuk menindaklanjuti ke­luhan para sopir terhadap maraknya aksi pungutan liar, dan pemalakan yang dilakukan sekelompok preman. (jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional