Menu

Tidak Melaksanakan Proses Belajar Mengejar, 22 PAUD tidak Aktif di Pasaman

  Dibaca : 41 kali
Tidak Melaksanakan Proses Belajar Mengejar, 22 PAUD tidak Aktif di Pasaman
BERBINCANG— Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono berbincang dengan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Rumah Sehat Covid-19 di Kampus II FIK UNP, melalui video call.

PASAMAN, METRO–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasa­man mencatat hingga bulan Juli 2021 sebanyak 22 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak aktif karena tidak melaksanakan proses kegiatan belajar-mengajar di daerah itu.

”Benar, saat ini hingga bulan Juli 2021, sebanyak 22 PAUD di Kabupaten Pasaman, tidak aktif penyebabnya tidak melakukan kegiatan belajar-mengajar serta tidak update Dapodik,” kata Kabid PAUD dan PNFI, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, Boy Candra Lubis.

Puluhan PAUD yang tidak aktif itu tidak menda­patkan biaya operasional senilai Rp 600 ribu dalam setahun.

Ia menjelaskan saat ini jumlah PAUD yang aktif mencapai 300 PAUD tersebar di 12 Kecamatan di masing-masing jorong. ”Alhamdulillah satu PAUD satu jorong sudah tuntas, hal tersebut sesuai dengan progam dari Bupati Pasaman,” katanya.

Sedangkan jumlah tenaga pengajar PAUD saat ini termasuk pengelola sebanyak 1.005 orang.

Ia berharap kepada tenaga pengajar agar mening­katkan kualitas serta kompetensi guru sebab rata-rata guru kebanyakan tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA), selebihnya tamatan S1.

Menurut Boy, pihaknya telah melakukan Diklat berjenjang tingkat satu sebanyak 700 guru, nantinya akan dilanjutkan ketingkat kedua demi membenahi kompetensi para guru.

Selanjutnya ia berharap bagi anak-anak sebelum masuk ke Sekolah Dasar (SD) harus masuk PAUD selama setahun.

Ia menargetkan pada tahun 2021 akan ada progam PAUD Holistik Integratif (HI) di Kabupaten Pasaman maksudnya yakni penanganan anak usia dini secara utuh yang mencakup layanan gizi, kesehatan, pendidikan dan lainnya. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional