Close

Tidak Ada Istilah Macet di Padangpariaman, Objek Wisata Menarik untuk Dikunjungi

MONITORING—Muhammad Fadhly monitoring wisata Rumah Putiah.

PADANGPARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaharaga Muhammad Fadhly menyatakan berbagai jenis objek wisata dalam daerahnya sangat menarik untuk dikunjungi semua wisatawan dari berbagai daerah. Baik wisata pantai Maupun alam. Di hari lebaran kali ini telah ratusan pengunjung yang datang ke berbagai objek wisata tersebut. Bahkan menuju lokasi objek wisata tersebut tidak ada istilah macet di perjalanan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman Muhammad Fadhky, kemarin.

Katanya, mulai dari objek wisata Pantai Tiram, Ketaping, Ulakan dan berbagai objek wisata peman­dian, seperti Tirta Alami, rumah Putiah, Lubuak Bonta dan jenis wisata pemandian lainnya.

Kalau rumah putiah jelasnya,  merupakan salah satu bangunan di kawasan peninggalan kolonial Belanda yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata budaya unggulan.

“Objek wisata ini dikenal dengan nama rumah putiah,  berlokasi di Korong Rumah Putiah, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padangpariaman,” ujarnya.

Dikatakan, rumah putiah merupakan salah satu bangunan di kawasan peninggalan kolonial Belanda yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata budaya unggulan.  “Pada kawasan tersebut terdapat sisa – sisa peninggalan bersejarah berupa artefak seperti fragmen benda keramik berbentuk vas bunga dan piring, serta bata utuh yang masing-masing memiliki cap/watermark di permukaan atas bata. Dan juga temuan non-artefaktual (puing bangunan) seperti Rumah Putiah (tuan semar), bekas bangunan pengintai, bekas bangunan barak pekerja, sisa bangunan PLTA, maupun sisa Pabrik Pengeringan Kopi,” ujarnya.

Bahkan jelasnya, potensi ini sangat menarik untuk dikembangansebagai kawasan wisata budaya tanpa mengabaikan perlindungan maupun pelestarian sejarah kawasan tersebut. Apalagi untuk sampai ke lokasi tidak kenal macet.  “Ayo burun datang ke wisata isata yang ada di Kabupaten Padangpariaman sangat menarik dan indah dan dekat dengan Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” tandasnya.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top