Menu

Thailand vs Indonesia, Lepas, Disiplin dan Jangan Blunder

  Dibaca : 380 kali
Thailand vs Indonesia, Lepas, Disiplin dan Jangan Blunder
Egy Maulana Vikri - Supachok Sarachat

TIMNAS Indonesia U-22 menjalani laga pertama di Grup B SEA Games 2019. Garuda Muda tak boleh demam panggung agar bisa meraih hasil maksimal.

Thailand vs Indonesia digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11) sore WIB (live RCTI). Di Grup B SEA Games 2019, Thailand merupakan salah satu unggulannya.

Menghadapi tim War Elephants yang sama, Indonesia kalah telak di kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Dalam pertandingan di My Dinh Stadium, Vietnam, pada Maret lalu, Indonesia kalah 0-4 dari Thailand.

Tiga pencetak gol Thailand di laga itu ada di skuat SEA Games 2019. Shinnaphat Leeaoh, Sipachai Jaided dan Supachok Sarachat merupakan pemain-pemain itu.

Ada satu fakta lagi yang kurang sip dari Indonesia menatap laga pertamanya di Grup B SEA Games 2019. Tim Merah-Putih sudah dua kali tak menang di pertandingan pembuka.

Di SEA Games 2015, Indonesia kalah 2-4 dari Myanmar. Sementara di SEA Games Malaysia dua tahun lalu, Indonesia seri 1-1 dengan Thailand.

Pelatih Timnas, Indra Sjafri, mendesak Egy Maulana Vikri cs agar bisa tampil disiplin. Dia juga kembali meminta doa para pendukung tim Merah-Putih.

“Semoga anak-anak tampil disiplin dan tidak membuat banyak kesalahan. Kami juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia,” kata Indra Sjafri di situs PSSI.

Indonesia mempunyai modal bagus menjelang laga pertama di SEA Games 2019. Mereka tak kalah saat berhadapan dengan Iran dengan catatan sekali menang dan sekali imbang.

Semangatpun datang dari salah satu pemain senior di tubuh Timnas, Evan Dimas Darmono, tak mau membuat rekan-rekannya tertekan menjelang pertandingan.

“Ya pokoknya kami bawa senang saja. Kami ingin relaks, berpikir positif dan fokus untuk menghadapi pertandingan melawan Thailand,” kata Evan Dimas di situs PSSI.

“Ya kami akan tampil lepas. Fokus pada permainan dan menjalankan sebaik mungkin strategi dan taktik yang diinginkan pelatih. Tentu sebagai pemain, kami akan membuat improvisasi untuk tim,” tutur Evan.

Timnas U-22 mempunyai modal positif menuju SEA Games 2019. Egy Maulana Vikri cs memetik satu kemenangan dan sekali hasil imbang saat berhadapan dengan Timnas Iran.

Kiper Timnas U-22, Nadeo Argawinata, sadar bahwa laga pertama di sebuah turnamen selalu tak mudah. “Laga pertama pasti tidak akan mudah. Namun, kami berharap kami bisa melalui dengan hasil positif,” kata Nadeo di situs PSSI.

Tiga Pemain Thailand yang Patut Diwaspadai

Tiga pilar Timnas Thailand U-22 ini patut diwaspadai Indonesia di SEA Games 2019. Salah satunya, Supachok Sarachat yang kerap menjadi mimpi buruk Tim Garuda.

Tim Gajah Perang diganggu oleh masalah cedera menjelang ajang ini. Marco Ballini dan Ekanit Panya yang dipersiapkan masuk ke dalam tim tak bisa ikut Filipina karena hal tersebut.

Kondisi ini membuat Akira Nishino hanya menyertakan 19 pemain dalam SEA Games 2019. Mereka juga memilih tak memanggil pemain senior.

Meski begitu, peraih tujuh emas SEA Games ini tetaplah menjadi lawan yang berat bagi Tim Garuda. Mereka memiliki deretan pemain yang cukup berpengalaman di ajang internasional.

Shinnaphat Leeaoh, pemain 22 tahun kemungkinan besar bakal dipercaya Nishino untuk mengemban tugas sebagai pemimpin di lini belakang. Dalam beberapa laga Thailand U-23, ia mengemban tugas sebagai kapten.

Shinnaphat musim ini juga tampil apik bersama Chiangrai United. Ia mampu mengantarkan timnya tersebut meraih gelar Liga Thailand 2019 dengan mencatatkan 11 penampilan.

Supachok Sarachat, namanya jelas tak asing bagi pecinta sepakbola Indonesia. Pasalnya ia kerap kali menjadi mimpi buruk bagi Tim Garuda.

Terakhir, ia menyihir publik Gelora Bung Karno lewat kecepatannya dalam laga Indonesia vs Thailand pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2020. Ia mengemas dua gol dan satu assist untuk mengantarkan negaranya menang 3-0.

Supachok juga sempat mengantarkan Thailand membekap Indonesia 4-0 di Kualifikasi Piala Asia U-23 Maret lalu. Di laga tersebut, ia mencetak satu gol ke gawang Awang Setho.

Supachai Jaided, kolaborasinya dengan Supachok sudah sangat menakutkan di Kualifikasi Piala Asia U-23. Saat Thailand membekap Indonesia 4-0, ia menjadi bintang kemenangan dengan mencetak dua gol.

Jaided tak sekadar berbahaya di level umur. Ia juga sudah dipercaya menjadi ujung tombak timnas Thailand senior dengan mencatatkan 12 caps dan empat gol. (*/uki))

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional