Menu

Tetap Melakukan Pelayanan Selama Libur Lebaran, BRI Siagakan 184 Kancab dan Rp 36,7 Triliun

  Dibaca : 183 kali
Tetap Melakukan Pelayanan Selama Libur Lebaran, BRI Siagakan 184 Kancab dan Rp 36,7 Triliun
Arga M. Nugraha, Direktur Jaringan dan Layanan BRI

JAKARTA, METRO
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) tetap melakukan pelayanan perbankan di kantor cabang (kancab) selama periode libur Hari Raya Idulfitri 2021. Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha menyatakan perseroan akan tetap beroperasi dengan memberikan layanan terbatas pada 12 dan 15 Mei 2021.

“Layanan terbatas BRI akan hadir di 184 kantor,” kata Arga dalam acara press conference virtual yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (3/5).

Arga memerinci selama libur Lebaran 2021 masyarakat tetap dapat melakukan sejumlah aktivitas perbankan, di antaranya pembukaan rekening, penarikan, dan penyetoran simpanan. Kemudian, lanjut dia, setoran pinjaman, complain handling serta jual beli bank notes.

“Daftar unit layanan terbatas ini dapat diakses di website resmi BRI (https://bri.co.id/layanan-terbatas),” ujarnya.

Selain itu, bank pelat merah itu juga tetap melayani penebusan setoran BBM/Non BBM Pertamina di 135 kantor serta Pelayanan Pick Up Service ASDP di 37 kantor. “Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, BRI juga menyediakan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di 20 Kantor Cabang BRI se-Jabodetabek yang telah mulai dilaksanakan pada 13 April lalu hingga menjelang libur pada 11 Mei,” beber Arga.

Direktur termuda BRI itu menerangkan, sebagai langkah antisipasi kebutuhan uang tunai di tengah masyarakat BRI juga telah mempersiapkan kebutuhan kas dengan total Rp 36,7 Triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan layanan Unit Kerja Operasional (UKO).

“Uang kas yang disiapkan BRI tahun ini meningkat sebesar delapan apabila dibandingkan dengan nominal realisasi tahun lalu, hal tersebut disebabkan karena mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat,” katanya.

Arga menyebutkan, jumlah ini juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi transaksi digital atau non-tunai. BRI juga mengimbau nasabah untuk bertransaksi cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

Selain dapat menggunakan Internet Banking, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo. “Dengan menggunakan BRImo, masyarakat akan lebih mudah melakukan transaksi karena dapat dilakukan dari manapun dan kapan pun. Selain itu dengan mengurangi transaksi tunai dan beralih dengan menggunakan mobile banking maka dapat mengurangi penyebaran virus”, imbuh Arga.

Arga mengatakan selain outlet konvensional masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI, di antaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Agen BRILink, kata dia, memberikan layanan transaksi perbankan seperti transfer, setor, dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA, dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

“Melalui kemudahan akses layanan perbankan, BRILink dapat menjangkau masyarakat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.(*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional