Menu

Tes Swab di Pasar Raya, DKK Kerahkan 16 Tenaga Medis

  Dibaca : 243 kali
Tes Swab di Pasar Raya, DKK Kerahkan 16 Tenaga Medis
TES SWAB— Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Feri Mulyani Hamid meninjau tes swab di pelataran Blok III Pasar Raya Padang, Senin (8/6).

PASAR RAYA, METRO
Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang mengerahkan 16 tenaga medis saat kegiatan tes swab massal bagi pedagang dan pengunjung di Pasar Raya pada 8-12 Juni mendatang. Kegiatan ini diadakan di tempat yang mudah dijangkau yaitu di pelataran Blok III.

Kepala DKK Padang, Feri Mulyani Hamid mengatakan, tujuan dilakukan tes swab ini untuk menjaring orang tanpa gejala (OTG) sebanyak-banyaknya dari klaster Pasar Raya. “Tes swab massal ini akan digelar selama lima hari berturut-turut,” ujarnya.

Feri Mulyani menambahkan, untuk tes swab ini terbuka untuk pedagang-pedagang maupun masyarakat yang beraktivitas di Pasar Raya dan belum mengikuti tes swab. Tes swab ini dibuka pukul 08.00- 15.00 WIB. “Silahkan ikuti swab. Kita mau jaring OTG sebanyak-banyaknya,” terangnya.

Sebelumnya, Feri Mulyani mengungkapkan, para OTG itu akan menjalani isolasi baik di rumah sakit, dikarantina atau isolasi mandiri jika rumah mereka memungkinkan. Dengan semakin banyaknya OTG yang terjaring dan menjalani isolasi, maka diharapkan penularan bisa distop.

Langkah ini ungkapnya, juga merupakan bagian dari tahapan persiapan menuju tatanan hidup normal. Lamanya sampai 12 Juni 2020. Selama masa itu, Pemko Padang bersama OPD terkait akan menggencarkan sosialisasi tentang Covid-19.

Mulai dari Dinas Perdagangan, pariwisata, hingga camat dan lurah
Tak hanya itu ungkapnya, dalam menyikapi hidup new normal, Pemko juga akan membuat Perwako dan Perda tentang tatanan hidup normal. Masyarakat akan diatur dengan perda dalam berinteraksi dan penerapkan social distansing dan physical distancing. Artinya masyarakat yang melanggar, maka akan ditindak sesuai aturan perda.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar mengatakan, tes swab komitmen untuk memutus mata rantai Covid-19 di klaster Pasar Raya. “Kita harapkan tes swab ini akan memutus mata rantai Covid-19 yang ada di Pasar Raya. Disamping itu, masuk ke Pasar Raya juga dilakukan pengecekan check poin di beberapa pintu masuk pasar,” ungkapnya.

Andre menuturkan, yang telah dites swab sejauh ini 1.772 orang. Hasilnya, sejauh ini telah 60 persen negatif . Untuk pedagang yang telah di tes swab akan diberi stiker tempatnya berjualan.

Andre mengharapkan, partisipasi dan kesadaran pedagang untuk melakukan tes swab. Ini bertujuan untuk menjaga kepercayaan masyarakat agar tidak ragu berbelanja ke Pasar Raya, demi menyongsong pasar bebas Covid-19.

“Untuk pengunjung maupun pedagang harus mematuhi protokol Covid-19 yang telah ditetapkan. Seperti wajib memakai masker, physical distancing dan mencuci tangan ditempat yang telah disediakan,” tandasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional