Menu

Tertidur Dalam Mobil Terkunci, Balita Nyaris Mati Pengap

  Dibaca : 1206 kali
Tertidur Dalam Mobil Terkunci, Balita Nyaris Mati Pengap
SELAMATKAN BALITA— Personel polisi berusaha mengevakuasi balita yang tertidur dalam mobil yang terkunci dan nyaris kehabisan oksigen.

PADANG, METRO – Ditinggal oleh neneknya tertidur di dalam mobil, anak 2 tahun nyaris saja mati kehabisan oksigen. Karena seluruh kaca tertutup rapat dan terkurung bersama kunci mobil yang melekat di dekat setir. Peristiwa itu terjadi di kawasan GOR Haji Agus Salim, Kamis (22/2).

Beruntung, bocah diselamatkan personel Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sumbar, Briptu Jeki Mardani. Anggota polisi itu berusaha membuka paksa kaca mobil Toyota Rush berwarna putih untuk memberikan oksigen masuk ke dalam mobil, hingga korban berhasil dikeluarkan.

Aksi heorik anggota polisi itu, diupload di akun instagram resmi milik Ditbinmas Polda Sumbar. Terlihat Jeki Mardani berusaha agar kaca mobil bisa terbuka. Di dalam mobil, tampak seorang balita berbaju putih celana orange sedang berdiri di atas kursi mobil.

Dari postingan video berdurasi 1 menit dua detik dan juga menulis keterangan video. “Imbauan bagi orang tua, tidak ada alasan untuk anda meninggalkan anak apalagi usia balita di dalam mobil yang masih hidup. Walaupun hanya beberapa menit mampir di toko, mini market, SPBU dan lainnya.”

Jeki Mardani mengatakan, menyelamatkan balita itu bisa keluar dari dalam mobil sekitar 15 menit. Dia berusaha sekuat tenaga menurunkan kaca mobil agar oksigen bisa masuk ke dalam mobil. Kemudian berupaya berkomunikasi dengan balita tersebut agar kunci mobil dapat diserahkan kepadanya.

“Berkomunikasi dengan anak kecil harus pandai-pandai. Apalagi kunci mobil awalnya di kunci kontak. Setelah berkomunikasi balita itu mengambilnya. Saat masih di tangannya dan dimainkan, dengan bujukan akhirnya kunci mobil baru dikasih ke saya,” kata Jeki.

Briptu Jeki menambahkan setelah pintu dibuka balita tersebut kemudian langsung digendong keluar mobil oleh neneknya yang telah histeris dengan kejadian itu. Sang nenek, langsung mengucapan terima kasih.

”Saya tidak sempat menanyakan nama nenek dan cucunya, sebab setelah berhasil membuka pintu mobil saya langsung pergi. Balita itu berkeringat akibat terkurung di dalam mobil tanpa ada celah oksigen,” ungkap Jeki.

Direktur Binmas Polda Sumbar, Kombes Pol Nasrun Fahmi mengatakan, agar para orang tua waspada dan jangan meninggalkan anak kecil di dalam mobil. Karena bisa berakibat bahaya bagi anak. Apabila pintu mobil terkunci rapat bisa jadi anak akan kekurangan oksigen.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengapresiasi apa yang dilakukan anggotanya itu. Dia akan memberikan penghargaan. “Anggota seperti itu tentu akan kita berikan penghargaan nanti. Saya sangat mengapresiasinya,” pungkas Fakhrizal. (rg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional