Menu

Teror Ular Masuk Permukiman Gegerkan Warga Padang

  Dibaca : 1256 kali
Teror Ular Masuk Permukiman Gegerkan Warga Padang

RASUNA SAID, METRO— Fenomena kemunculan ular memasuki pemukiman rumah warga makin marak terjadi akhir-akhir ini di Kota Padang. Hingga Senin (23/12), sudah 10 ekor hewan berbahaya itu diamankan petugas. Banyak laporan mengenai ular yang masuk ke dalam

permukiman dan membuat geger masyarakat.

Warga takut terkena bisa mematikan ular yang masuk ke permukiman mereka.

Kepala Bidang (Kabid) Operasional Damkar Kota Padang Basril, mengatakan sebanyak

10 ekor hewan berbahaya telah dilaporkan warga dan diamankan oleh tim Damkar Kota Padang. Di antara hewan yang ditangkap itu adalah, ular kobra, ular pi-ton dan biawak.

“Semua hewan yang itu diamankan karena masuk ke dalam pemukiman warga. Fenomena ini membuat warga takut dan cemas, karena hewan dikhawatirkan menggigit,” kata Basril.

Menurut Basril, peristiwa yang terbaru terjadi Minggu (22/12) malam. Seekor ular kobra ditemukan di teras rumah warga di Jalan Kenanga, Aiadingin, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Kototangah, sekitar pukul 23.00 WIB. Untunglah, ular kobra sepanjang satu meter itu belum sampai masuk ke dalam rumah warga.

“Sekitar dua menit, tim Damkar berhasil menangkap ular kobra itu. Alat yang digunakan adalah tali untuk pengikat kepala ular. Setelah kami evakuasi, ular kobra sepanjang satu me- ter itu diamankan karena berbisa dan berbahaya,” sebutnya.

Hingga saat ini Damkar belum mengetahui asal dan penyebab ular kobra bisa sampai ke rumah warga. Mungkin karena perubahan cuaca saat ini dan ekosistem ular sudah mulai terusik sehingga mereka bermunculan.

“Kami mengimbau kepada seluruh warga, agar bisa menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing, untuk mencegah ada ular masuk ke lingkungan rumah warga,” jelasnya.

Diuraikannya, ular yang telah dievakuasi dari rumah warga, pihaknya langsung menyerahkan ular tersebut ke komunitas reptil. “Kami hanya melakukan proses evakuasi penangkapan saja, untuk selanjutnya akan kami serahkan ke pihak yang terkait seperti BKSDA dan komunitas Reptil untuk evakuasi dan diamankan,” pungkasnya. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional