Close

Terobosan Baru, Kelurahan Bukik Apik Puhun, Gelar Pemilihan Ketua RT-RW Ala Pilkada

PEMILIHAN— Terobosan baru, Kelurahan Bukik Apik Puhun yang menggelar pemilihan ketua RT-RW ala Pilkada.

BUKITTINGGI, METRO–Kelurahan Bukik Apik Puhun tengah disibukkan dengan alek lingkungan rukun warga yakni pemilihan ketua RW dan RT se kelurahan setempat. Uniknya, kegiatan ini dilaksanakan layaknya pelaksanaan pemilu legislatif dan Pilkada.

Lurah Bukik Apik Puhun (BAP), Taufik Adi Putra, kegiatan pemilihan Ketua RT dan RW se Kelurahan Bukik Apik Puhun, akan dilaksanakan di akhir November mendatang. Proses pemilihan ini, dilaksanakan layaknya pilkada dan pileg, sebagai salah satu langkah juga untuk pendidikan pemilih. Hal ini menjadi salah satu ide pihak kelurahan bekerjasa sama dengan Ketua LPm, Hendra Eka Putra, ST Rangkayo Mulia.

“Minggu pertama dan kedua November, telah kamai lakukan sosialisasi. Minggu ketiga, pemeriksaan berkas calon RT/RW. Tanggal 26 November pen­distribusian logistik dan kampanye calon. Tanggal 27 November proses pemilihan langsung dari rumah warga. Dan tanggal 28 November, pengambilan surat suara dari rumah warga, sekaligus penghitungan suara di Aula Kantor Lurah,” jelas Taufik,

Lurah BAP, menambahkan, proses pemilihan ini menjadi salah satu implementasi dari Perda Kota Bukittinggi Nomor 11 /2016. Sehingga pemilihan Ketua RT dan RW memang murni berdasarkan pilihan dari masyarakat.

“Saat ini kita masih menjaring bakal calon Ketua RT dan RW. Ada 5 RW dan 15 RT yang akan dipilih langsung oleh warga Bukik Apik sendiri. Tujuannya bagaimana masyarakat lebih memahami demokrasi dan semakin tinggi dalam tingkat partisipasi pemilih pada pemilu mendatang,” tambahnya.

Untuk pelaksanaan nantinya, Taufik Adi Putra juga akan mejajaki kerjasama dengan KPU untuk men­dukung proses pemilihan ini. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top