Menu

Terobos Pos PSBB, Mobil Bawa 2 Karung Ganja Dicegat

  Dibaca : 879 kali
Terobos Pos PSBB, Mobil Bawa 2 Karung Ganja Dicegat
MOBIL BAWA GANJA— Jajaran Polres Pasaman mencegat mobil Suzuki Karimun membawa 35 paket ganja ukuran besar dan menangkap satu pelaku usai menerobos Pos PSBB perbatasan Sumbar-Sumut.

PASAMAN, METRO
Nekat terobos Pos Operasi Ketupat Pembatasan Sosial Besakala Besar (PSBB) di perbatasan Provinsi Sumbar dengan Provinsi Sumut, mobil Suzuki Karimun yang membawa dua karung ganja dicegat setelah masuk ke dalam parit perkebunan warga di Jorong II Pasar Rao Nagari Tarung-Tarung Kecamatan Rao Pasaman, Sabtu (30/5), sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat dicegat personel Polres Pasaman, satu orang berinsial RA (23) warga Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang berhasil ditangkap. Sedangkan dua orang rekannya berinisial AH (23) dan IG (39) yang juga warga Kota Padang berhasil melarikan diri. Setelah digeledah, petugas menemukan dua karung ganja yang berisikan 35 paket besar ganja.

Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya mengatakan, penangkapan berawal dari kecurigaan personel yang sedang bertugas di Pos Operasi Ketupat PSBB daerah perbatasan Sumbar- Sumut tepatnya di Jorong VIII Muara Cubadak Nagari Padang Mentinggi Kecamatan Rao.

“Awalnya mobil Suzuki Karimun warna hitam Nopol BA 1780 Q itu menuju arah Mandailing Natal, Sumut, Jumat (29/5) pagi. Mobil tersebut diberhentikan di pos untuk pengecekan. Turunlah tiga orang laki-laki dan meminta izin kepada petugas alasan pergi melayat ke daerah Jembatan Merah Mandailing Natal,” kata AKBP Hendri Yahya.

AKBP Hendri Yahya menambahkan, pihaknya kemudian meminta ketiga orang di dalam mobil diminta meninggalkan KTP dan selanjutnya dipersilahkan lewat dan berjanji mengambil KTP nya kembali pada sore harinya.

“Sabtu pagi sekitar pukul 09.30 WIB, mobil Suzuki Karimun yang sudah didata, kembalki melintas melewati pos perbatasan, tetapi mobil tersebut tidak berhenti untuk mengambil KTP dan menerobos dengan kecepatan tinggi,” ujar AKBP Hendri Yahya.

Curiga dengan mobil tersebut, AKBP Hendri Yahya menambahkan, pihaknya langsung melakukan pembuntutan terhadap mobil tersebut sembari melakukan kordinasi dengan anggota polsek rao untuk dilakukan penghadangan. Menjelang kantor Polsek Rao, para tersangka melihat anggota melakukan penghadangan di sepanjang ruas jalan sehingga para tersangka berbelok arah menuju Simpang Rumbai untuk tujuan melarikan diri.

“Pengejaran terus dilakukan, hingga mobil tersangka hilang kendali dan terjebak di dalam parit perkebunan warga di Jorong II Pasar Rao Nagari Tarung-tarung Kecamatan Rao Pasaman. Satu orang diamankan, sedangkan dua orang tersangka langsung melarikan diri ke dalam perkebunan warga di daerah itu dan langsung dilakukan pengejaran. Namun, kedua tersangka hilang jejak dan berhasil melarikan diri,” ungkap AKBP Hendri Yahya.

AKBP Hendri Yahya merinci, barang bukti ganja yang ditemukan di dalam mobil sebanyak 35 paket besar yang berbentuk balok dilak ban. Sedangkan, dari pengakuan tersangka, ia merupakan warga Kota Padang, begitu juga dengan dua rekannya yang kabur.

“Ganja itu dibawa dari Mandailing Natal Sumatera Utara dan direncananya akan di pasarkan di daerah Kota Padang. Terhadap dua rekan pelaku yang kabur, masih kita lakukan perburuan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ditangkap,” pungkasnya. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional