Menu

Terminal Koto Nan IV Mulai Dioperasikan, PO Bus tidak Taat akan Disanksi

  Dibaca : 104 kali
Terminal Koto Nan IV Mulai Dioperasikan, PO Bus tidak Taat akan Disanksi
OPERASI—Terminal Koto Nan IV beroperasi kembali siap menampung bus dari segala penjuru di Sumbar umumnya.

SUKARNOHATTA, METRO–Meski sempat mengalami pengunduran dari tanggal 1 Juli hingga 5 Juli 2021, terminal Bus Koto Nan IV Kecamatan Paya­kumbuh Barat akhirnya resmi dioperasikan kembali. Penge­lola terminal Koto Nan IV menyebutkan akan me­nin­dak Perusahaan Otobus (PO) Ang­kutan Kota Antar Pro­vinsi (A­KAP) yang tidak mela­kukan aktivitas menaikkan penum­pang di terminal Koto Nan IV.

Terkait hal tersebut, di­ung­kapkan Pengelola Terminal Koto Nan IV, Sumardi. Bahkan nantinya, selain angkutan A­KAP yang “wajib” melakukan aktivitas turun naik penum­pang, namun juga Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) sesuai kesepakatan dengan pengusaha angkutan dan ber­bagai pihak lainnya beberapa waktu lalu.

Memaksimalkan pengope­rasian kembali terminal Koto Nan IV, Sumardi juga menye­butkan pihaknya akan segera melakukan evaluasi pasca beberapa hari beroperasinya terminal kebangaan warga Payakumbuh itu.  “Untuk se­men­tara waktu sesuai kese­pakatan bersama, AKAP telah masuk dalam terminal untuk melakukan aktivitas turun naik penumpang. Kedepan juga akan kita berlakukan untuk AKDP dan Angkutan Antar jemput Antar Provinsi (AJAP),” sebut Sumardi, diamini Kepala Dinas Perhubungan Kota Paya­kumbuh, Nofriwandi, Rabu (7/7).

Ia juga menambahkan, pi­hak­nya bersama pihak terkait di Payakumbuh akan segera melakukan evaluasi pasca beroperasinya terminal Koto Nan IV.  “Kita akan segera lakukan evaluasi pasca bero­perasinya terminal Koto Nan IV. Terkait Sanksi, kita akan melakukan penindakan ber­sama Polres Payakumbuh (Sat­lantas.red) kalau ada PO yang masih menaikkan penumpang diluar Terminal,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Paya­kum­buh, Nofriwandi menghimbau pihak PO yang ada di Paya­kumbuh untuk menjalankan kesepakatan terkait pengo­perasian terminal Koto Nan IV. “Kita terus himbai pengelola PO untuk mematuhi kesepakatan bersama terkait pengoperasian terminal Koto Nan IV,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Armen Faindal, mendukung langkah yang di­ambil Pemko Payakumbuh un­tuk mengaktifkan kembali terminal bus Koto Nan IV. Menu­rutnya, dengan diaktifkan kem­bali terminal Bus Koto Nan IV, maka bus AKAP dan AKDP bisa terdata keluar dan masuk.  “Kita menyambut baik pengaktifan kembali terminal. Dengan be­gini akan terdata bus yang masuk dan keluar. Kemudian juga angkutan kota akan aktif kembali dan dapat meringan­kan beban masyarakat. Karena dengan aktifnya angkutan da­lam kota, masyarakat bisa menghemat pengeluaran teru­ta­ma untuk biaya tranportasi anak kesekolah,” ucap Politisi Demokrat yang dikenal dekat dengan masyarakat ini.

Menurutnya, dengan ku­rang aktifnya angkutan dalam kota beroperasi, maka akan menambah biaya tranportasi bagi masyarakat. “Contoh, setiap anak kesekolah tentu akan diantar dengan motor atau bertambah membeli motor dan berapa harus membayar kredit setiap bulan, ini akan me­nambah beban pengeluaran masyarakat. Dengan adanya angkutan biaya tranportasi anak sekolah jadi murah,” ucapnya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional