Menu

Terjerat Narkoba, Pelajar Tak Ditoleransi lagi

  Dibaca : 1208 kali
Terjerat Narkoba, Pelajar Tak Ditoleransi lagi
COVID— Sejumlah tenaga kesehatan menangani pasien Covid-19 yang baru tiba di IGD.

BNN narkoba logo
AZIZ CHAN, METRO–Warning bagi semua siswa SMA dan SMP se-Kota Padang agar menjauhi narkoba dan obat-obat terlarang. Pasalnya, Dinas Pendidikan (Disdik) tidak akan memberi toleransi pada siswa pemakai narkoba.

”Kalau kedapatan, diserahkan sepenuhnya kepada prosedur hukum. Biar hukum yang memproses mereka,” ujar Kepala Disdik Padang Habibul Fuadi, kepada POSMETRO, Senin (28/9).

Selain itu, pihak sekolah juga akan memberi sanksi terhadap siswa yang bersangkutan dengan berbagai pertimbangan. Saat ini, menurut Habibul, ada sekitar 50 ribu siswa SMA/SMK di Kota Padang dan 45 ribu siswa SMP sederajat.

Untuk meminimalisir pemakaian narkoba dikalangan pelajar, Disdik telah menginstruksikan pada semua kepala sekolah dan guru agar selalu memberikan masukan dan pencerahan pada siswa tentang bahaya narkoba serta dampak kesehatan dan  hukumnya. Materi materi tersebut disinkronkan dengan materi pelajaran di sekolah.

Namun meski sekolah sudah aktif melakukan pembinaan, menurut Habibul, peran orang tua dan masyarakat  sangatlah besar. Sehingga para siswa terhindar dari pemakaian narkoba yang merusak mental dan kesehatan. ”Semua pihak kita harapkan terlibat dalam melakukan pengawasan. Dan peran orang tua sangat besar,” ujarnya.

Seperti yang diberitakan koran ini sebelumnya, peredaran narkoba di kalangan pelajar sudah mengkhawatirkan. Sebanyak 420 siswa di Sumbar setelah menjalani tes, 19 orang dinyatakan positif narkoba. Pecandu narkoba di Sumbar terbanyak dari kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Jika dibandingkan dengan tes urine yang dilakukan kepada mahasiswa, jumlah positif narkoba dari kalangan siswa lebih banyak. Di mana, dari tes urine yang dilakukan kepada mahasiswa dengan sampel sebanyak 203 orang. Dan delapan orang dinyatakan positif.

Sedangkan jumlah terbanyak didapat dari hasil razia yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar di tempat hiburan dan rumah kos. Yakni, dari sebanyak 307 orang yang dirazia, ada sebanyak 24 orang dinyatakan positif narkoba. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional