Close

Terima Uang Rp 100 Juta, Ketua RT Tipu Warga di Kota Padang

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fer­nanda.

PADANG, METRO–Seorang pria diduga menipu korbannya dengan modus membantu memasukan calon mahasiswa di universitas swasta ditangkap Tim Opsnal Satreskrim Polresta Padang. Tidak tanggung-tanggung pelaku meraup uang Rp100 juta dari korbannya.

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fer­nanda mengatakan, pelaku merupakan salah satu Ke­tua RT di Kelurahan Tung­gul Hitam. Pelaku di­tang­kap pada Rabu (15/9) dini hari, setelah adanya la­poran dari keluarga korban ke Polresta Padang.

“Kepada korbannya, pelaku menjanjikan bisa menolong korban untuk dimasukkan ke salah satu universitas swasta di Kota Padang, dengan syarat korban bisa memberikan sejumlah uang kepadanya. Pelaku diketahui cukup pandai meyakinkan kor­ban­nya. Karena pelaku tidak hanya secara lisan na­mun turut juga me­nyer­takan surat perjanjian,” ujar Rico, Kamis (16/9).

Dalam surat perjanjian tersebut, sambung Rico, terlihat resmi dan menyer­ta­kan surat kwitansi dan be­saran nominal biaya yang dikeluarkan pemohon untuk masuk ke universitas sebesar Rp100 juta.

“Penyetoran uang 100 juta di kwitansi tersebut berbunyi untuk digunakan sebagai uang pem­bangu­nan untuk masuk ke kam­pus tersebut,” katanya.

Lebih jauh Rico menga­takan, dalam menjalankan aksinya, pelaku mengaku tidak ada hubungannya dengan pihak kampus, na­mun dirinya menyakinkan bisa memasukan anak kor­ban dengan syarat mem­berikan sejumlah uang.

Rico juga mengatakan, setelah anak korban masuk di universitas swasta ini, ternyata korban diminta lagi uang pembangunan oleh pihak kampus. Men­da­pati hal tersebut, korban tidak senang dan merasa ditipu oleh pelaku sehingga melaporkan ke pihak kepo­lisian.

“Saat ini baru satu kor­ban yang melaporkan de­ngan kerugian Rp100 juta. Berkemungkinan ada kor­ban lainnya, dan kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Atas per­bua­tan­nya, pelaku disang­ka­kan pasal 372 dan 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara,” tutupnya.. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top