Close

Terima Piala PPD dari Menteri PPN/Bappenas, Gubernur Sumbar: Hasil Kolaborasi, Sinergi Kerja Bersama

MENERIMA PIALA— Penyerahan piala dan piagam PPD Tahun 2021 oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, di Kantor Kementerian PPN/Bappenas RI, di Jakarta, Kamis (25/11).

JAKARTA, METRO–Menteri Perencanaan Pem­­­bangunan Nasional (PPN)­/Kepala Badan Peren­ca­naan Pembangunan Nasional (Bap­penas), Suharso Mo­noar­fa mengapresiasi berbagai ino­vasi yang dilakukan Pem­prov Sumbar dalam mema­jukan daerahnya. Apresiasi tersebut diwujudkan dengan menye­rah­kan piala terbaik I Peng­hargaan Pembangunan Da­­erah (PPD) Tahun 2021.

Penyerahan piala dan piagam PPD Tahun 2020/2021 dilaksanakan langsung oleh Suharso Monoarfa kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, usai lounching buku berjudul “Knowledge Sharing Pembangunan Daerah dengan Praktik-Praktik Cerdas” di Kantor Kementerian PPN/Bappenas RI, di Jakarta, Kamis (25/11).

“Kita berharap keberhasilan Pemprov Sumbar melaksanakan berbagai inovasi yang membuatnya menjadi terbaik I di luar Pulau Jawa, agar juga dapat diterapkan di berbagai kabupaten kota di Sumbar. Selamat dan sukses Pemprov Sumbar, teruslah ber­inovasi majukan daerah, semoga selalu menjadi yang terbaik,” ucap Suharso Monoarfa.

Gubernur Sumbar, Mah­yeldi Ansharullah me­nga­takan, penghargaan ini merupakan hasil kolaborasi, sinergi kerja bersama. Inovasi dengan kehadiran pola pengendalian inflasi daerah, menurutnya, sangat membantu masya­ra­kat dan para petani di Sumbar.

Kehadiran gedung dan aktivitas pengendalian inflasi dan harga kebutuhan pokok masyarakat serta stabilitas harga pangan memberikan sisi positif terutama di Kota Padang. “Ke depan kita berharap hal ini akan juga diterapkan di kabupaten kota di seluruh Sumbar,” seru Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengatakan, penghargaan ini mesti dipertahankan dengan kebersamaan, kolaborasi dan sinergitas seluruh komponen daerah, tokoh masyarakat dan lembaga. Semuanya untuk kemajuan Sumbar yang lebih baik lagi.

“Semangat kerja keras, kerja bersama, kerja ikhlas dan kerja tuntas dengan professional, tentu membawa kebaikan bagi kemajuan Sumbar untuk Indonesia sejahtera “ himbau Mahyeldi.

Selain Suharso Mo­noar­­­fa, acara ini dihadiri Ke­­tua Ombudsman RI Mokh­ Najih, serta sejumlah ke­pala daerah lain.

Sekretaris Daerah Pro­vinsi Sumbar, Sumbar Han­­sastri juga menam­bah­kan, PPD Tahun 2021 telah disampaikan hasilnya pada pembukaan musya­wa­rah rencana pembangunan nasional (Musrenbangnas), tanggal 4 Mei 2021 melalui video conference yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Namun, penyerahan piala dan piagam PPD dan penghargaan khusus secara fisik belum dilakukan, karena terkendala pendemi Co­vid 19. “Keberhasilan ini tentunya menjadi tindak lanjut kita semua, sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tambah Han­sastri.

Launching Buku

Suharso Monoarfa me­nyam­paikan, buku berjudul “Knowledge Sharing Pembangunan Daerah dengan Praktik-Praktik Cerdas” yang dilounching merupakan  wujud karya Kementerian PPN/Bappenas dalam memotret pembangunan daerah dan inovasinya.

Berawal dari penyelenggaraan pemberian pe­ng­hargaan untuk perenca­naan pembangunan daerah terbaik oleh Kementrian PPN/Bappenas, ide pe­nyu­sunan buku  ini dirasakan mendesak untuk diwujudkan.

Hal ini bersamaan dengan transformasi dari Anu­­gerah Pangripta Nusantara 2011-2017 yang menjadi PPD sejak 2018. Penyusunan buku ini dimaksudkan memperbesar manfaat dari pelaksanaan evaluasi pembangunan daerah.

“Buku ini pertama kali diterbitkan untuk PPD 2018, dan edisi saat ini dilanjutkan dengan merangkum praktis cerdas pembangunan daerah dari tahun 2019 sampai tahun 2020”, ujar Suharso Monoarfa.

Suharso Monoarfa berharap buku ini dapat me­nawarkan alternatif solusi untuk permasalahan yang muncul di daerah. Replikasi dan modifikasi perlu dilakukan dengan mempertimbangkan keragaman latar belakang di daerah tersebut.

Melalui pemahaman penyelesaian masalah da­lam praktik-praktik cerdas, suatu daerah bisa merefleksikan apa yang terjadi di daerahnya.

“Kemudian terinspirasi dan mendapatkan referensi bagaimana menemukan solusi persoalan. Saya yakin potensi yang dimiliki ma­sing-masing daerah luar biasa. Jangan sampai potensi itu tidak dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan mas­ya­ra­kat”, ujarnya. (ADP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top