Close

Terima Mahasiswa Baru, UIN IB Sediakan Kuota 5.320

RAPAT PERSIAPAN SEE— Rektor UIN IB Padang Prof Martin Kustati dalam rapat pelaksanaan ujian online Sistem Seleksi Elektronik (SEE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

L.LINTAH, METRO–Tahun ajaran baru 2022/2023, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menyiapkan sebanyak 5.320 kursi untuk mahasiswa baru. Jumlah tersebut meningkat cukup besar dari tahun 2021 se­banyak 3 ribuan.

Rektor UIN IB Padang Prof Martin Kustati menga­takan, peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru dipengaruhi dengan akan dioperasikannya ge­dung baru Kampus III di Su­ngai Bangek. Jadi, kursi yang disediakan lebih ba­nyak dari tahun sebelum­nya.

“Jalur penerimaan mahasiswa baru ini mulai dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN), dan jalur mandiri. Ruang be­la­jar bertambah dengan ada­nya kampus yang baru se­lesai di kampus III. Jadi di Lubuk Lintah nanti hanya untuk satu fakultas saja yaitu Tarbiyah dan ke­guruan, selebihnya di kam­pus III,” ujar Martin, Ka­mis (9/6) lalu.

Ia menjelaskan, fakultas yang akan mengisi kampus III Sungai Bangek yaitu yaitu Fakultas Eko­nomi Bisnis (Febi), Fakultas Scientek, Fakultas Adab dan Humaniora Syariah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdik), Fakultas Usuluddin dan Studi Agama (Fusa), dan Fakultas Syariah.

“Untuk dua fakultas yaitu Febi dan Scientek sudah berada di sana saat ini proses belajar mengajarnya sudah berjalan. Sementara empat fakultas lagi akan bergabung pada awal tahun ajaran baru ini,” tambah rektor.

Martin melanjutkan, untuk kondisi persiapan gedung belajar di Kampus III Sungai Bangek saat ini sudah mencapai 90 persen. Ke depan, akan dipersiapkan juga masjid dan rusunawa bagi mahasiswa.

“Semua sedang dalam pengusulan. Mudah-mudahan segera dikerjakan. Sementara ini, bagi mahasiswa yang masih tinggal di kawasan Lubuk Lintah, nan­tinya akan disediakan bus kampus untuk operasional menuji kampus III,” imbuhnya.

Rektor berharap, dengan bertambahnya ruang belajar, gedung baru, dan memiliki pengajar yang profesional akan meluluskan mahasiswa yang siap kerja. Bahkan siap memulai bisnis usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Harapan kita tentu besar bagi nanti para lulusan UIN. Untuk itu, segala sesuatunya juga kita persiapkan sejak kini,” pungkasnya. (rel/hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top