Close

Terhenti di Masa Pendemi, TTIC Dibuka lagi di Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Eka Putra.

TANAHDATAR, METRO–Program Toko Tani Indo­nesia Center (TTIC) yang terhenti akibat Pan­demi Covid-19 kembali di­buka Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Ny. Lise Eka Putra didepan Kantor Dinas Pangan dan Perikanan,  Sabtu (20/11). Tentunya ke depan, tam­bah Bupati, TTIC hadir ti­dak hanya di sini saja, na­mun juga di tempat-tempat masyarakat umum juga bisa berbelanja.

“Saya harap, dengan ban­tuan Dinas Pangan Pro­vin­si Sumatera Barat, kalau bisa mobil jualan keliling, TTIC bisa hadir di 14 keca­ma­tan Tanah Datar,” harap Eka.

Terakhir Eka Putra ber­harap ASN ataupun ma­syarakat umum meman­faat­kan TTIC yang dipra­kar­sai Dinas Pangan dan Pe­rikanan.

Sementara itu Pelak­sana kegiatan, Kepala Di­nas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Hilmi menga­ta­kan, kegiatan ini sudah per­nah diluncurkan pada Agus­tus 2019 lalu. “Selepas diluncurkan, kita dilanda Pandemi Covid-19. Dan saat ini setelah kasus Co­vid-19 melandai dan izin pak Bupati, hari ini kita buka kembali TTIC ini,” ujarnya.

Disebutkan Hilmi, TTIC akan mampu memutus rantai pasok pangan atau Supply chain yang ber­pengaruh terhadap harga jual hasil tanam.  “Rantai pasok pangan yang awal­nya 8-9 pihak, dengan TTIC bisa menjadi 3-4 pihak saja, se­hingga harga juga bisa turun atau lebih murah 30%,” katanya.

Sejalan hal itu, kata Ka­dis Pangan Provinsi Sum­bar diwakili Kepala UPTD Dis­tribusi Pasokan dan Akses Pangan Amalia menyam­pai­kan, TTIC juga menjadi salah satu program di Dinas Pa­ngan Sum­bar.  “Kita gelar TTIC ini di berbagai tempat di Padang, namun untuk da­erah baru Tanah Datar yang kami kunjungi, ini ka­mi apresiasi dan ke de­pan kami siap membantu untuk sukseskan TTIC di Tanah Datar,’’ katanya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top