Menu

Terharu dengan Lansia, Camat Payakumbuh Utara Semangati Warga Ikut Vaksinasi

  Dibaca : 54 kali
Terharu dengan Lansia, Camat Payakumbuh Utara Semangati Warga Ikut Vaksinasi
TINJAU VAKSINASI—Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni meninjau langsung ke Kantor Lurah Ikua Koto Dibalai saat proses vaksinasi Covid-19.

SUKARNOHATTA, METRO–Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni me­miliki cara yang unik untuk memotivasi warga me­ngikuti vaksinasi Covid-19. Selain aktif turun ke la­pangan melaksanakan monitoring ke kantor-kan­tor lurah yang dijad­wal­kan melakukan vaksinasi, Camat wanita satu-sa­tunya tersebut juga mela­kukan siaran langsung atau live streaming di media sosial facebooknya.

Di kantor Lurah Ikua Koto Dibalai contohnya, Rabu (2/6). Camat yang energik itu tampak terus berdialog bersama warga, menanyakan seputar pro­ses vaksinasi yang me­reka ikuti dan apa efeknya kepada mereka. Camat yang akrab disapa Defi itu juga mengaku terharu dengan warga lanjut usia (lansia) yang tidak me­miliki keraguan sedikitpun untuk divaksin.

“Bahkan ada lansia yang ikut vaksinasi untuk ke dua kalinya, artinya mereka siap menerima dosis ke­dua. Mereka datang ke tempat vaksinasi atas kesadaran diri pribadi tanpa dipaksa, kita sangat salut sekali,” ujarnya.

Warga yang ikut ter­bawa suasana tampak luwes bercengkrama de­ngan pejabat Pemko yang berdomisili di Nagari Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara itu. Camat juga senantiasa menjelaskan hal-hal pen­ting kepada warga yang masih ragu untuk vaksin.

“Jadi yang masih be­lum ikut karena takut ja­rum suntik ya? bukan sa­ma vaksinnya?,” tanya camat kepada warga di­dam­pingi Sekcam Rudi Arnel dan Lurah Yeki Mai­yendri.

Sontak ibu-ibu lansia tertawa dengan celetuk camat. Sebagian besar diantara mereka me­nga­ku sengaja datang ikut vaksin karena memiliki harapan yang sama de­ngan Wali Kota Riza Fa­lepi, yaitu mewujudkan Payakumbuh ke zona hi­jau.

“Sudah banyak me­ning­gal karena Covid-19 yang rata-rata lansia, ikut vaksinasi ini adalah ben­tuk ikhtiar kita dalam meng­hadapi pandemi ini, semoga Allah selalu me­lindungi kita,” kata ibu-ibu lansia di lokasi vaksinasi.

Sementara itu, Siti Rah­ma (44) warga Lingkungan Muaro mengatakan me­reka mendapatkan infor­masi vaksinasi sebe­lum­nya telah diumumkan di mesjid, himbauan itu be­risi informasi dimana lo­kasi vaksinasi dilak­sa­nakan dan dihimbau untuk warga yang berumur 18 tahun keatas. Tapi saat ini memang banyak lansia yang datang.

 “Lansia adalah orang-orang yang rentan terkena gelaja parah bila terpapar Covid-19, dengan me­ngi­kuti vaksinasi mereka bisa lebih kuat daya imunnya,” kata Siti. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional