Close

Tergabung Dalam 10 BUMN, SIG Salurkan 1.500 Zak Semen ke Pasbar

1.500 ZAK SEMEN— Anggota DPR RI Andre Rosiade (dua dari kiri), Plt Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar (dua dari kanan) pada acara penyaluran bantuan sebanyak 1.500 zak semen dari SIG yang tergabung dalam 10 BUMN kepada Bupati Pasbar Hamsuardi, di Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, Sabtu (5/3).

PASBAR, METRO–PT Semen Indonesia (Perse­ro) Tbk (SIG) yang tergabung  dalam 10 BUMN, turut berpar­tisipasi dalam penanggulangan bencana gempa bumi di Kabu­paten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat. Sabtu (5/3), BUMN semen itu me­nye­ rahkan bantuan berupa semen sebanyak 1.500 zak.

Bantuan semen SIG tersebut disalurkan melalui PT Semen Padang dan diserahkan di lokasi bencana oleh anggota DPR RI Andre Rosiade kepada Bupati Pasbar Hamsuardi, dan turut disaksikan oleh Plt. Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar.

Plt Dirut PT Semen Pa­dang Asri Mukhtar menga­takan, bantuan sebanyak 1.500 zak semen itu meru­pakan bentuk kepedulian SIG terhadap bencana yang menimpa saudara-saudara yang berada di Pasaman Barat.

“Ini bantuan lanjutan setelah sebelumnya PT Semen Padang mengirimkan relawan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melaku­kan asessment dampak gempa. Dari hasil asess­ment tersebut, PT Semen Padang langsung mengirim tim medis dari Semen Pa­dang Hospital, obat-obatan, sembako dan juga tamba­han relawan dari TRC Semen Padang ke lokasi ben­cana gempa,”  kata Asri Mukhtar yang didampingi Kepala Departemen Komu­nikasi & Hukum Perusa­haan, Oktoweri, dan Kepala Unit CSR, Rinold Thamrin.

Asri melanjutkan, sehari pasca-gempa UPZ Baznas Semen Padang juga me­ngirim tambahan sembako ke lokasi bencana. “Kami juga berkalaborasi dengan Satgas Bencana BUMN,” kata Asri Mukhtar.

Pada Sabtu (6/3), PT Semen Padang melalui UPZ Baznas Semen Padang juga mengirim bantuan tenda pengungsian dan sembako untuk masyarakat terdam­pak gempa di Timbo Abu, Nagari Kajai, Talamau, Pasbar. Namun karena long­sor yang menimbun badan jalan menuju Timbo Abu, akhirnya UPZ Semen Padang kembali ke Padang.

“Bantuan sembako dan tenda itu dikirim bersa­maan dengan bantuan semen SIG. Bantuan tersebut disa­lurkan ke Timbo Abu via Lubuk Sikaping, Kabu­paten Pasa­man. Sayang­nya, seki­tar 13 KM dari Timbo Abu, ada longsor yang menim­bun badan jalan. Insya Allah, kalau jalan sudah bisa dilalui, bantuan tersebut akan kem­bali disalurkan ke Timbo Abu,” ujar Asri.

Anggota DPR RI Andre Rosiade mengucapkan teri­makasih kepada SIG yang telah menyalurkan bantuan semen. Bahkan, anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN itu juga mengapresiasi PT Semen Padang yang meru­pakan ba­gian dari SIG. Sebab, be­berapa jam pas­ca-gem­pa, Se­men Padang lang­sung me­ngirimkan ban­­tuan semba­­ko, relawan dan tim medis ke lokasi bencana gempa.

“Saya bangga dengan gerak cepat yang dila­ku­kan Semen Padang, terma­suk BUMN lainnya di Sum­bar. Semuanya berkala­borasi dalam menanggu­langi dampak gempa di Pasaman Barat,” kata An­dre usai menyerahkan ban­tuan 10 BUMN di kawasan Kajai, Kecamatan Tala­mau, Pasaman Barat.

10 BUMN itu adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berupa 1.500 zak semen (setara Rp100 juta),  Bank Mandiri Rp250 juta, BRI Rp250 juta, BNI Rp150 juta, Pertamina Rp150 juta, Telkomsel Rp100 juta, Pelindo Rp100 juta, PTPN Rp100 juta, Pupuk Indonesia Rp100 juta, dan Hutama Karya Rp100 juta.

“Kami datang bersama 10 BUMN untuk membantu meringankan bantuan ma­syarakat yang terdampak gempa. Alhamdulillah, total bantuannya Rp1,4 mi­liar,” ujar Andre didam­pingi Ketua DPRD Pasaman Ba­rat Eriyanto, Ketua DPC Gerindra Pasaman Barat Maryanto dan juga per­wakilan 10 BUMN.

Bupati Pasbar Ham­suardi mengucapkan teri­ma kasih atas kedatangan Andre Rosiade dan juga 10 BUMN yang mengan­tarkan bantuan ke lokasi gempa Pasbar. “Harapan kita, de­ngan kehadiran Pak Andre Rosiade dan 10 BUMN, bisa mempercepat pemulihan korban gempa Pabar. Ka­rena masih ada  ribuan rumah yang rusak karena gempa,” katanya.

Selain ribuan rumah rusak,  katanya melanjut­kan, seanyak 15 ribu orang mengungsi dibeberapa tem­pat. Di antaranya di halaman kantor bupati dan rumah bupati. Bahkan di halaman kantor bupati, ada sebanyak 2.800 pengungsi.

“Sisanya, mengungsi di rumah bupati dan di per­kampungan-perkam­pu­ngan yang dianggap aman dari gempa susulan atau ben­cana lain seperti banjir dan longsor. Apalagi pas­ca-gem­pa, cuaca di Pasbar juga buruk, sering hujan dan juga sering terjadi long­sor dibe­be­rapa lokasi,” ujarnya.

Ketua Satgas Bencana BUMN Sumbar M Atif Fa­turrahmah yang juga Ka­divre Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar menam­bah­kan bahwa BUMN sudah hadir sejak hari pertama gempa terjadi pekan lalu. “Kami harap apa yang ka­mi lakukan dan berikan ber­manfaat bagi masya­rakat, sehingga proses pemulihan lebih cepat, lebih tanggap,” katanya. (ren/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top