Close

Terdepan dalam Inovasi, Disdukcapil Dikunjungi Pemkab Kuantan Singingi

KUNJUNGAN— Kepala Disdukcapil Maini,M.M serahkan brosur tentang Padangpanjang.

PDG.PANJANG, METRO–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singi­ngi (Kuansing), Provinsi Riau melaksanakan studi tiru ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang, Jumat (17/6). Plt. Bupati Kuan­sing, Drs. H. Suhardiman Amby, Ak, M.M yang me­mimpin rombongan menyampaikan, studi tiru ke Disdukcapil Padang Panjang dilakukan lantaran dinas yang dikomandoi Dra. Maini, M.M ini dikenal terdepan dalam inovasi. “Ka­mi menganggap Padang Panjang terdepan dalam inovasi. Kami ingin meng-copy paste tata cara pe­ngelolaan Disdukcapil,” katanya seraya menuturkan ASN Disdukcapil Pa­dang Panjang mampu mem­berikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Kunjungan ke Disdukcapil, lanjut Suhardiman merupakan bagian dari li­teratur pemberdayaan A­SN serta yurisprudensi. “Kota Padang Panjang sa­ya anggap memiliki inovasi terbaik di Sumatera. Pembelajaran di sini nan­tinya kita tuangkan dalam keputusan kepala daerah. Ada beberapa yang perlu kita perbaiki,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Maini memaparkan sejumlah inovasi dinas yang dia pimpin. Di antaranya, Pe­layanan Langsung dari Pintu ke Pintu (Palang Pintu), Layanan Jemput Bola (Jempol), Pelayanan Terpadu (Pelandu), Komputer Inovasi Kependudukan (Ko­mik), Pelayanan Admi­nistrasi Kependudukan On­line (Paduko), lalu Tanda Tangan Elektronik Dokumen Kependudukan.

Selanjutnya, yang menarik perhatian dari Plt. Bupati Singingi ialah inovasi “Selalu Samawa”.  Setelah melangsungkan akad nikah semua dokumen lang­sung dibawa. Dari KTP, KK langsung didapat penganten setelah melaksanakan pernikahan secara resmi. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top