Menu

Tercatat 2.851 Perantau Bakal Pulang

  Dibaca : 235 kali
Tercatat 2.851 Perantau Bakal Pulang
DIPERKETAT—Pengawasan yang ketat dilakukan petugas di pintu masuk daerah Kabupaten Solok.

SOLOK, METRO
Dampak sosial ekonomi menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok untuk warga yang terkena dampak penanggulangan penyebaran virus corona. Diakui Bupati Solok, Gusmal, tantangan penanganan penyebaran virus corona di Kabupaten Solok juga mencakup persoalan ekonomi yang dihadapi masyarakat.

“Tak bisa dipungkiri, imbauan kepada masyarakat untuk membatasi aktivitas berdampak pada menurunnya perputaran ekonomi,” ujar Gusmal, kemarin.

Rencana penyaluran bantuan berupa paket sembako merupakan salah satu bantuan pengamanan sosial untuk masyarakat akibat pandemi Covid-19. Atas rencana itu Dinas Sosial telah melakukan pendataan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat.

Pihaknya berharap nanti penyaluran bantuan sembako sesuai dengan yang diperuntukkan dan tepat sasaran. Namun menurut Gusmal, untuk saat ini Kabupaten Solok belum terlalu mendesak untuk pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar, kecuali jika nanti penyebaran Covid-19 sudah sangat besar.

Untuk sementara, Solok hanya akan memberlakukan pembatasan seperti yang sudah dilakukan sebelumnya dengan mengurangi berbagai aktivitas. Pemda juga akan terus mengoptimalkan posko penjagaan di perbatasan, pemenuhan APD dan kebutuhan lainnya.

Petugas posko akan terus bekerja sama dengan para camat dan wali nagari untuk memantau dan mendata para perantau yang datang. Hingga saat ini sudah ada lebih kurang 2.851 perantau yang tercatat pulang.

“Kami mohon kerja sama penanganan para perantau yang pulang ke kampung untuk melaporkan kesehatannya ke Kepala Jorong, Wali Nagari dan Puskesmas apalagi perantau yang mengalami gangguan kesehatan,” ujar Gusmal. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional