Menu

Terbebas dari Musibah, Warga Desa Taluak Gelar Tolak Bala

  Dibaca : 105 kali
Terbebas dari Musibah, Warga Desa Taluak Gelar Tolak Bala
Terbebas dari Musibah, Warga Desa Taluak Gelar Tolak Bala

PARIAMAN, METRO
Pemerintahan Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman melakukan ratik tolak bala agar desa dan masyarakat terbebas dari musibah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ratik tolak bala ini adalah dalam rangka meminta kepada Allah agar semua masyarakat terhindar dari bala,” kata Pelaksana Tugas Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Senin (12/10).

Mardison mengatakan, kegiatan ini merupakan warisan budaya yang harus dipertahankan oleh masyarakat, kalau bisa kegiatan ini tetap dipertahankan. Selain itu, tambah lagi dengan kondisi bangsa dan daerah saat ini tengah diuji oleh Allah.

“Dengan kondisi saat ini satu-satunya desa yang melaksanakan tolak bala hanya Desa Taluak, dan kita memberikan apresiasi kepada desa dan masyarakatnya,” katanya.

Ia berharap dengan kegiatan ini semua masyarakat terbebas dari segala musibah dan perekonomian masyarakat tetap stabil atau meningkat. “Semoga dengan kegiatan ini masyarakat tetap diberi kesehatan dan dimudahkan rezeki,” kata Mardison.

Mardison juga tetap mangajak kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak.

Sementara itu, Kepala Desa Taluak Ismet Zuhri mengatakan, kegiatan tolak bala ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa taluak. Karena setiap tahun itu ada kalanya penurunan yang pendapatan oleh masyarakat. “Disini pada umumnya masyarakat kita nelayan, ada kalanya hasil tangkapan masyarakat menurun, dan kami lakukan ratik tolak bala,” katanya.

Ia menyampaikan, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan cara berkeliling desa dengan seluruh masyarakat dan dimulai setelah shalat isya nanti malam. “Kita mengelilingi desa dan bertahlil dan meminta kepada agar seluruh bala tertolak dan reski masyarakat meningkat,” katanya.(z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional