Menu

Tengah Nongkrong di Warung, Pelaku Pemerasan Dicokok Polisi 

  Dibaca : 134 kali
Tengah Nongkrong di Warung, Pelaku Pemerasan Dicokok Polisi 
DIAMANKAN— Pelaku pemerasan A (28), saat diamankan di salah satu warung Tim Opsnal Reskrim Polres Dharmasraya beserta barang bukti (BB). 

DHARMASRYA, METRO
Upaya jajaran Kepolisian Resor (Polres) Dharmasraya untuk menekan angka kriminalitas terus ditingkatkan. Salah satunya menuntaskan kasus pemerasan, dengan berhasil menangkap seorang pria berinisial F alias A (28). Pria ini diduga sebagai salah satu pelaku tindak pidana pemerasan terhadap Gilang (18) warga Sitiung, Rabu (4/11) sekitar pukul 21.00 WIB di depan warung depan Kantor Wali Nagari Sitiung. Hebatnya, pelaku A menggunakan modus membayar denda 60 SAK semen atau uang tunai sebesar Rp3.5 juta kepada Gilang dan Mela karena dicurigai telah berbuat asusila.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah SIK MT melalui keterangan pers yang diterima POSMETRO pada Kamis (5/11) mengatakan, pelaku yang tercatat sebagai warga jorong Parik Tarajak Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, ditangkap berdasarkan laporan polisi Nomor LP / 101/ K/ XI / 2020 Polres, tanggal 3 September 2020 tentang pemerasan.

“Kejadian berawal pada hari Rabu 28 Oktober 2020 sekitar pukul 16.00 WIB, saksi korban bernama Gilang Muchi Murchilo (18) bersama saksi atas nama Melasari sedang duduk-duduk di tempat kejadian perkara yakni Tepi Jalan Poros Blok A Sitiung. Lalu, tidak lama kemudian datanglah pelaku bersama temannya yang saat ini melarikan diri, mengancam akan membawa korban bersama saksi ke Kantor Wali Nagari jika tidak bersedia membayar denda 60 sak semen atau uang sebanyak Rp 3.500.000,” ungkap AKBP Aditya.

Karena korban tidak ada uang sebanyak itu, lanjutnya, maka telepon seluler milik korban diminta pelaku dan pelaku langsung pergi, lalu atas kejadian tersebut korban melaporkan kepada kakaknya dan kakak korban melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polres Dharmasraya.

“Setelah mendapat informasi unit Opsnal melakukan pengejaran pada Rabu 4 November 2020 sekitar pukul 21.00 WIB, pelaku berhasil diamankan tengah nongkrong nyatai di salah satu warung di depan Kantor Wali Nagari Sitiung.

Kasat Reskrim Polres Dharmasraya, AKP Suyanto menambahkan, pelaku berjumlah sebanyak 2 orang dan satunya lagi berinisial “I” masih dalam pengejaran pihaknya. “ Ada 2 orang pelakunya, I masih DPO. Jadi modusnya, kedua pelaku berusaha menakut-nakuti pasangan muda mudi ini, dan diancam akan dilaporkan ke pihak wali nagari,“ Suyanto.

Kerugian korban, lanjutnya sekitar Rp2,7 juta di antaranya 1 unit HP Oppo A5s hitam, 1 unit Hp Xiaomi 6A Silver yang berhasil dibawa kabur pelaku. ”Kedua brang bukti (BB) telah kita amankan. Guna kepentingan penyidikan untuk sementara tersangka beserta BB dua unit telepon seluler milik korban dan sepeda motor milik pelaku, diamankan di Polres Dharmasraya guna proses lebih lanjut. Tersangka dikenakan Pasal 368 tentang tindak pidana pemerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun,” ujar Suyanto. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

<span class="blue2 bdrblue">Fanpage</span> <span class="red">Facebook<span>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional