Menu

Tenaga Medis di Pessel Butuh 1.800 Set APD Lengkap

  Dibaca : 630 kali
Tenaga Medis di Pessel Butuh 1.800 Set APD Lengkap
Jarizal, SE. Sekretaris DPRD Pessel,

PAINAN, METRO
Sekretaris DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Jarizal, SE mengatakan, hingga kini DPRD Pessel ikut melihat langsung dengan turun ke lapangan guna memperhatikan apa yang mesti diberikan dan melihat kondisi kesehatan masyarakat.

“Pihak DPRD Pessel mendukung semua upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pihak medis di RSUD Painan, RSUP M. Djamil Padang dan juga masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” ujarnya.

DPRD Pessel menurutnya, mendapatkan laporan resmi dari Bupati Pessel, H. Hendrajoni, SH, MH atas langkah yang telah dilakukan untuk melawan bahaya Covid-19 ini.

“Alhamdulillah, hingga kini, pihak DPRD Pessel, selalu diberi laporan yang jelas dan transparan atas kinerja dan anggaran yang digunakan untuk menghadapi Covid-19 tersebut.” ujar Jarizal mengakhirinya.

Direktur RSUD M. Zein, Painan, dr. H. Sutarman mengatakan, hasil pantauan DPRD Pessel ke lapangan, bahwa pasien 03 yang dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19) dari Pessel, mulai berangsur membaik, Kami berharap hasil pemeriksaan swab yang bersangkutan terus membaik,” harapnya.

Menurutnya, Senin, 13 April 2020, pasien tersebut akan menjalani tes swab untuk kedua kalinya. Jika hasil cek labornya mengindikasikan negatif, pasien akan diperbolehkan pulang dari RSUD M Zein. “Kami berharap hasil pemeriksaan swab yang bersangkutan terus ke arah membaik. Mudah-mudahan saja,” katanya, Minggu, (12/4).

Menurutnya, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) memiliki tiga ruang khusus pelayanan pasien positif Covid-19. Namun jika kondisi mendesak, manajemen bisa meningkatkan menjadi tujuh ruangan.

Disamping itu, meski sempat mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, RSUD M Zein masih mengalami keterbatasan alat pelindung diri (APD) yang lengkap untuk para tenaga medis. “Setiap hari, kebutuhan APD lengkap untuk tenaga medis 50 set. Tapi kini kami sedang proses pengadaan. Kami pesan pada UMKM yang ada di sini. Jumlah rincinya saya kurang tau,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Pemkab Pessel, Rinaldi Dasar menyampaikan secara keseluruhan Pessel membutuhkan sedikitnya 1.800 set APD lengkap. Dari jumlah itu, 500 set untuk RSUD M Zein Painan. Sedangkan sisanya bakal disebar ke seluruh puskesmas dan rumah sakit tipe D Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Sementara, ketersediaan kini hanya 100 set yang digunakan tenaga medis RSUD M Zein Painan.

Pemkab Pessel telah mengalokasikan dana sekitar Rp1.4 miliar untuk pengadaan 1.800 APD, dari total Rp12 miliar alokasi APBD yang disiapkan untuk percepatan penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Pessel. “Terakhir saya dapat informasi telah siap 90 dari 150 set yang kami pesan ke salah satu penjahit di sini. Semua yang telah selesai terus kami distribusikan ke seluruh puskesmas,” katanya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Pesisir Selatan, saat ini warga yang berstatus notifikasi tercatat sebanyak 2.994 orang. Orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 148 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) 1 orang.

Sedangkan pasien yang positif terpapar covid-19 mencapai 4 orang. Pasien 01 dan 02 telah dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang ke rumah”, ujar dr.Sutarman mengakhirinya. (idul fitri)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional