Menu

Temui Menteri Teten Masduki, Rusma Yul Anwar Perjuangkan Pengembangan UMKM

  Dibaca : 87 kali
Temui Menteri Teten Masduki, Rusma Yul Anwar Perjuangkan Pengembangan UMKM
TEMUI MENTERI—Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menemui Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Teten Masduki.

JAKARTA, METRO
Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar jemput bola ke pusat menghadap Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Teten Masduki di ruang kerjanya di Kantor Kementerian Koperasi dan UMKM, Jalan Rasuna Said, Jakarta Pusat, Senin (5/4).

Di hadapan Menteri, Rusma Yul Anwar menyampaikan situasi ekonomi yang melanda masyarakat sejak merebaknya Covid-19 selama setahun ini. Hampir semua sektor usaha mengalami kelumpuhan bahkan banyak usaha terutama usaha berbasis UMKM gulung tikar.

Kondisi itu semakin diperparah, lantaran sulitnya masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan untuk mendapatkan akses pembiayaan modal usaha. Padahal, masyarakat sangat membutuhkan modal tersebut agar bisa kembali bangkit dan pulih.

“Ya, secara global seluruh sektor terdampak dari kondisi pandemi Covid -19, ” ucap Bupati Pessel Rusma Yul Anwar.

Dalam pertemuan ini, Rusma Yul Anwar menyerahkan rencana program pemerintah Daerah Kabupaten pesisir Selatan untuk pengembangan Koperasi dan UMKM dalam bentuk Pembangunan Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) UMKM di Pesisir Selatan.

Rusma Yul Anwar ternyata tidak main-main untuk memperjuangkan UMKM di Pessel, yaitu mengundang kesediaan Menteri untuk berkunjung ke Pesisir Selatan menyaksikan secara langsung aktivitas UMKM khususnya bidang perikanan.

Kepada Menteri, Rusma Yul Anwar menjelaskan bahwa Pesisir Selatan merupakan daerah berbasis kelautan dan perikanan. Di mana, mayoritas masyarakat Pesisir Selatan menyandarkan penghidupan di kedua sektor UMKM itu.

Mendengar penjelasan Rusma Yul Anwar, Menteri Koperasi dan UMKM langsung memberikan jawaban. Bahkan, Menteri Teten Masduki menyambut baik dan menyetujui usulan Bupati terkait Rencana Pembangunan PLUT UMKM.

Pemerintah Pusat melalui Menteri Koperasi dan UMKM juga berkomitmen untuk membantu akses pembiayaan koperasi dan UMKM melalui program Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) yang langsung di bawah Kementerian Koperasi dan UMKM.

Teten juga menjelaskan bahwa dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pihaknya mengupayakan agar sektor UMKM dapat kemudahan akses pembiayaan dan saat ini kementerian sedang mengupayakan agar perbankan juga mempermudah akses pinjaman untuk usaha skala kecil menengah.

Secara khusus Menteri Teten langsung menjawab undangan Bupati dan menyatakan dalam waktu ke depan akan berkunjung ke Pesisir Selatan untuk melihat langsung aktivitas UMKM khususnya bidang perikanan sebagaimana yang disampaikan Bupati. (rio).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional