Menu

Temui Menteri Kominfo, Gubernur Bahas Percepatan Pembangunan Jaringan di Sumbar

  Dibaca : 56 kali
Temui Menteri Kominfo, Gubernur Bahas Percepatan Pembangunan Jaringan di Sumbar
PERTEMUAN—Gubernur Mahyeldi Ansharullah didampingi Kadis Kominfotik Jasman saat pertemuan dengan Menkominfo Johnny G Plate, Rabu (23/6) di Jakarta.

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Ba­rat (Sumbar), Mahyeldi An­sha­rullah menemui Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate, Rabu (23/6) di Jakarta. Dalam pertemuan itu Mahyeldi membahas percepatan pem­­bangunan jaringan di da­erah 3 T (Terdepan, Ter­pen­cil dan Tertinggal).

“Kami juga bahas terkait smart provinsi dan peren­canaan rapat koordinasi (rakor) Bupati/Walikota yang akan dihadiri Pak Men­teri,”ujar Mahyeldi saat di­dampingi Kepala Dinas Ko­munikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Sum­bar, Jasman Rizal.

Dilanjutkannya, rakor dengan Bupati/Walikota nan­ti yang akan dihadiri Men­Kominfo  akan mem­bahas tentang nagari blank spot, penerapan SPBE dan ducting di Sumbar.

“Kita harap pertemuan ini dapat memberikan hasil yang baik dalam pembangu­nan insfastruktur IT di Sum­bar khususnya daerah ter­pencil yang belum men­dapatkan akses internet,” katanya.

Menjawab pembahasan yan disampaikan Mahyeldi, Menkominfo, Johnny G Plate menyebutkan untuk jaringan komunikasi di daerah 3T yang diusulkan daerah, pi­hak­nya telah melakukan kon­trak dengan pihak ketiga dan akan di­lak­sanakan pada tahun 2022.

“Kita telah menjalin kon­tak dengan pihak ketiga, nan­tinya 9ribu lebih kelura­han dan desa di daerah 3T akan segera terlayani jaringan komunikasi dan ditargetkan selesai pada tahun 2022,” katanya.

Sedangkan, 3500 kelu­rahan dan desa pada daerah non 3T telah dibicarakan dengan pihak operator se­luer akan dibangun secara ber­sama.

Sementara itu, sekaitan dengan 2700 pusat data yang dibangu pemerintah daerah , hanya 3 persen saja yang sesuai dengan standar.

“Untuk itu pemerintah pusat akan membangun pusat data yang nanti dapat diman­faat­kan pemerintah daerah. Pe­merintah daerah tidak perlu lagi bangun pu­sat data, dan daerah dapat melakukan efisiensi angga­ran,” tuturnya.

Kemudian penerapan Sis­tem Pemerintah Berbasis Elek­tronik (SPBE), Johhny me­ngungkapkan untuk men­du­kung smat city perlu dila­kukan elektronik edukasi, digital ekonomi, layanan hidup se­hat, e-govrment dalam pe­nerapan SPBE Gu­ber­nur se­lalu koordinasi dengan Bupati dan Walikota. “Undangan dari Pak Guber­nur untuk hadir dalam rakor di Sumbar akan kami agen­dakan segera,” pungkas­nya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional