Close

Temui Komisi II DPRD Kota Padang, PKL Monumen Tugu Gempa Tagih Janji Wako

ASPIRASI— Komisi II DPRD Kota Padang menerima aspirasi Pedagang Kaki Lima yang berjualan di kawasan Monumen Tugu Gempa, Senin (7/2). Dalam pertemuan itu, pedagang menagih janji wako yang akan melakukan penataan PKL yang berjualan di Tugu Gempa.

SAWAHAN, METRO–Komisi II DPRD Kota Padang mene­rima aspirasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di kawasan Monumen Tugu Gempa di Jalan Gereja, Senin (7/2). Anggota DPRD Elly Thrisyanti, mempertanyakan regulasi yang me­larang PKL berjualan di sekitar Tugu Gempa tersebut.

Sementara itu, Eko Kurniawan dari GP Ansor Sumbar yang mendampingi PKL mem­pertanyakan lokasi Tugu Gempa tersebut, apakah kewenangan Pemko Pa­dang atau Pemprov Sumbar.

Plt Kepala Dinas Per­hubungan Padang, Hen­drizal Azhar bersuara lan­tang dan mengatakan ha­rus ada solusi terbaik, se­hingga aturan tidak ter­langgar dan PKL pun men­dapatkan ruang untuk pe­rekonomiannya.

“Harus ada jalan ke­luar­nya Kalau kami, tentu taat kepada aturan. Kalau meng­ganggu mobilitas ja­lan, tentu ditertibkan. Kalau me­mang parkir tidak dibo­lehkan di sana, ya kami aman­kan,” tegas Hendrizal.

Kuasa hukum PKL Yus­hak David menegaskan, selain melarang, Pemko harus memberikan solusi bagi PKL. Jika untuk membangun Tugu Gempa ada kebijakan, kenapa un­tuk PKL, yang notabene rak­yat yang mencari peng­hidupan tidak ada solusi.

Ia menyinggung janji manis penataan kawasan Tugu Gempa yang pernah dilontarkan Wali Kota Pa­dang, Hendri Septa, bebe­rapa waktu lalu. “Janji pe­na­taan itu, membuat PKL klepek-klepek. Tapi sampai sekarang, apa kenya­taan­nya,” tukasnya.

Sementara Ketua Ko­misi II DPRD Padang, Ju­madi minta ini perlu jadi perhatian Wali Kota secara serius. Sebab mereka bu­tuh hidup juga. “Jangan hanya bisa gusur, tapi harus ada solusi bagi pe­dagang untuk bisa berjua­lan kembali,” paparnya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top