Menu

Tempati Pole Position di CEV Barcelona, Mario Jalani Balapan dengan Gigih

  Dibaca : 78 kali
Tempati Pole Position di CEV Barcelona, Mario Jalani Balapan dengan Gigih
M Ali Ramdhani

BARCELONA, METRO–Perjuangan Mario Sur­yo Aji untuk mem­bang­gakan Indonesia pada FIM Moto3™ Junior World Cham­pionship terus berlanjut. Setelah mencetak sejarah sebagai pembalap per­tama yang meraih pole position pada putaran Bar­celona Minggu (13/6), pem­balap muda binaan Astra Honda Racing Team (AH­RT) ini menjalani dua sesi balapan yang sengit de­ngan gigih sebelum menga­lami insiden yang menem­patkannya pada posisi keli­ma klasemen sementara pembalap.

Mario semakin menun­jukkan performa balap mum­puni dengan meraih ke­sem­patan emas sebagai pembalap yang menem­pati pole position setelah mencetak catatan lap ter­ce­pat pada sesi kualifikasi pertama (QP1) yang dige­lar Sabtu (12/6). Mario ber­hasil mencetak waktu 1 menit 48,224 detik di lap ke-8 dari total 13 lap yang ia lakukan. Catatan waktu ini menjadi yang tercepat pa­da keseluruhan sesi kuali­fikasi pertama dan kedua.

Pada balapan pertama, persaingan sengit untuk menduduki posisi pertama berjalan sangat ketat. Ma­rio sempat terdorong ke posisi belakang sesaat setelah balapan dimulai. Dengan skill tangguh yang dimilikinya, Mario berhasil menyundul ke posisi ter­depan sejak lap keempat. Perjuangan dalam mem­pertahankan posisi ter­depan sangatlah sulit, be­berapa kali overtake dila­kukan oleh pembalap lain, namun Mario tetap dapat mendominasi sepanjang jalannya balapan. Men­dekati garis finish, tepat­nya pada tikungan ke-10, Mario tersenggol pem­balap lain saat berusaha mempertahankan posisi terdepan. Hal ini mem­buatnya sedikit keluar jalur sehingga harus puas me­nyelesaikan balapan di posisi keenam.

Belajar dari hasil bala­pan pertama, Mario bang­kit dan berusaha untuk kembali memberikan per­juangan terbaiknya di ba­lapan kedua. Sempat be­rada di posisi belakang, Mario terus memacu mo­tor­nya secara gigih agar dapat merebut posisi ter­depan. Raihan positif kem­bali terlihat menjanjikan bagi Mario saat dirinya beberapa kali memimpin jalannya balapan. Akan tetapi, mendekati akhir balapan yang hanya me­nyisakan 3 lap, Mario ter­senggol oleh pembalap yang terjatuh di bela­kang­nya. Hal ini menyebabkan Mario ikut terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan.

“Saya merasa menjadi salah satu pebalap yang kompetitif dan kuat pada putaran Barcelona ini. Mes­kipun hasilnya tidak seperti yang saya harapkan, saya jalani dua balapan terbaik saya sejauh ini. Saya bisa jadi pebalap tercepat se­pan­jang Minggu kemarin, kemudian saya meraih pole position dengan cata­tan waktu luar biasa dan saya selalu berada di posisi depan. Saya berharap bisa meraih podium pada bala­pan berikutnya, karena saya punya feeling yang sangat bagus dengan per­forma motor dan rasa per­caya diri saya semakin kuat,” ujar Mario.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan mes­kipun Mario mengalami insiden pada balapan kali ini, perjuangan gigihnya yang mencetak sejarah pole position menjadi ha­rapan baru untuk raihan positif di balapan-balapan berikutnya. Mario pun me­nunjukkan performa yang mengagumkan sepanjang balapan berlangsung.

“Kami sangat bangga atas sejarah baru yang diukir Mario untuk Indonesia di ajang balap di benua Eropa sebagai pebalap Indonesia pertama yang men­dapatkan pole position CEV. Kompetensi balapnya terus meningkat sesuai dengan karakter motor dan sirkuit. Kami akan terus mendukung perjuangan Mario untuk membang­ga­kan Indonesia,” ujar Andy.

Dua hasil pada balapan ini memastikan Mario be­rada di peringkat kelima klasemen sementara, de­ngan raihan 42 poin, selisih tiga angka dari pebalap di posisi keempat. Putaran keempat musim ini akan berlangsung di Algarve, pada 4 Juli 2021. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional