Close

Tempat Terbatas, Status Tanah tak Jelas, Layanan 5 Kantor Lurah dan Puskesmas Luki tak Maksimal

pelayanan Puskesmas juga tidak maksimal karena tempat yang terbatas.

AIA PACAH, METRO–Dari tujuh kantor lurah yang ada di Kecamatan Lu­buk­kilangan (Luki), sebanyak 5 unit kantor masih belum representative untuk melakukan pelayanan untuk masyarakat. Tidak hanya itu, status tanah dari kantor pemerintahan itu juga tidak jelas.

Tidak hanya kantor lurah, pelayanan Puskesmas juga tidak maksimal karena tem­pat yang terbatas. Lima unit kantor kelurahan tersebut adalah, Kelurahan Koto Lalang, Baringin, Ta­ran­tang, Batu Gadang dan In­darung.

“Statusnya masih me­numpang. Pihak  kelurahan juga sudah mengusulkan untuk dibangun bangunan yang representatif. Namun lahan tak ada. Kita masih berusaha mencari lahan, karena kalau dibiarkan terus, pelayanan terhadap masyarakat tidak mak­simal,” sebut Camat Lu­buk­kilangan Elfian Putra Ifadi, Jumat (29/10).

Begitu juga dengan ke­beradaan puskesmas. Saat ini baru ada satu Pus­kesmas di Luki, yakni Pus­kesmas Lubukkilangan. Ka­rena ledakan pengun­jung, pelayanan puskes­mas sampai meman­faat­kan kantor KAN bahkan  rumah dinas kepala Pus­kes­mas sendiri dijadikan tempat pelayanan.

“Yang berobat banyak, puskesmaa cuma satu, sempit pula,” sebutnya lagi.

Rencannya akan diba­ngun tambahan puskes­mas agar pelayanan kese­hatan masyarakat tidak tergang­gu. Namun lagi-lagi terken­dala lahan. “Lahan­nya tak ada.  Serba susah kita jadi­nya,” sebut Elfian lagi.

Kepala Dinas Pertana­han Kota Padang, Raju Mindropa mengatakan, mengusulan pengadaan tanah untuk kantor lurah atau puskesmas, bisa diu­sulkan pihak kecamatan langsung melalui ren­stra­nya. tanahnya harus dibeli dengan APBD.

Namun jika pihak keca­matan meminta kepada Di­nas Pertanahan soal tan­ah fasum milik Pemko, pihak­nya bisa mencarikan. “Kita pu­nya datanya, kalau pak ca­matnya minta, bisa kita kasih data-data tanah Pemk­o yang ada di keca­matan tersebut,” sebut Raju. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top