Menu

Tempat Penampungan Hewan Kurban belum Banyak

  Dibaca : 258 kali
Tempat Penampungan Hewan Kurban belum Banyak
Tempat Penampungan Hewan Kurban belum Banyak

BALAI BARU, METRO
Hari Raya Idul Adha tahun ini dirasakan benar-benar lesu oleh sejumlah agen sapi di Kota Padang. Para agen sapi kurban ini memprediksi terjadinya penurunan daya beli ini mencapai 60 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jauh sekali penurunannya, sekarang 50 persen jika dibandingkan tahun lalu. Tapi sampai lebaran nanti, paling tinggi mencapai 60 persen penurunannya jika dibandingkan tahun lalu,” kata Popi, salah satu agen sapi di Kota Padang.

Ia menambahkan, penyebab lesunya daya beli ini karena wabah corona yang sedang terjadi. Ekonomi masyarakat melemah, tabungan sudah habis. Tak hanya itu, pengurus masjid juga tak siap karena sebelumnya masjid tidak dibuka. “Kan masjid baru dibuka sekarang, jadi persiapan panitia jadi kurang. Apalagi jamaah masjid juga dibatasi sekarang menjadi setengahnya saja,” paparnya.

Saat ini, terang Popi, harga sapi masih sama seperti tahun sebelumnya. Yakni diangka Rp14 juta sampai Rp16 juta dengan berat badan dari 70 kg sampai 80 kg. Untuk siasati kerugian, saat ini kata Popi, para pengepul sapi hanya menyediakan stok sapi sesuai permintaan.

Ia mencontohkan di kandangnya di Balai Baru dan di Pauh, dirinya hanya menyediakan stok sebanyak 40 ekor saja. Sedangkan tahun lalu, dirinya bahkan menyediakan sapi sampai 400 ekor.

Karena permintaan yang kecil itu, para pengepul sapi hanya membeli sapi lokal saja. Seperti dari Pesisir Selatan, Payakumbuh dan Bukittinggi. “Kalau tahun lalu bisa sampai ke Lampung kita ambil. Tapi sekarang permintaan kecil, kita ambil sapi dari Sumbar saja,” tandas Popi lagi.

Terpisah, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian Padang, Sovia Heriani mengatakan, jelang Idul Adha, tempat penampungan hewan kurban yang akan dijual belumlah banyak. Kondisi ini tidak seperti tahun sebelumnya.

Menurutnya, tahun sebelumnya sebulan jelang lebaran Idul Adha, tempat penampungan hewan kurban yang dijual sudah menjamur di beberapa lokasi. Namun saat ini belum tampak tempat penampungan hewan kurban yang akan dijual pedagang.

“Gairahnya kurban tahun ini tidak begitu nampak, kalau tahun kemarin sebulan mau lebaran, tempat penampungan hewan kurban yang akan dijual sudah banyak muncul,” tukasnya.

Ia mengatakan, tahun sebelumnya marak tempat penampungan hewan kurban di beberapa titik sepanjang jalan Bypass Padang. Saat ini belum ada satupun penampung hewan kurban yang akan dijual. “Jika tahun sebelumnya, di Anakair, depan Pengadilan Agama, ada penampungan hewan sekarang belum nampak,” ujarnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional