Close

Telah Menjadi Kebutuhan, Masjid dan Mushalla Roh Umat Islam

USAI—Bupati Suhatri Bur usai peletakan batu pertama pembangunan masjid foto bersama.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur me­nyam­paikan bahwa masjid/mu­shalla adalah ruh ummat dan menjadi sebuah kebutuhan dalam upaya pemenuhan kebutuhan spiritual masyarakat. “Pembangunan masjid/mushalla harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat baik ranah maupun rantau,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Da­­rul Ikhlas  Mandahi­liang Nagari Gasan Ga­dang Kecamatan Batang Gasan.

Ikut hadir mendampi­ngi Bupati Suhatri Bur Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam, Kepala Dinas Perhubungan Rifki Monrizal, dan Kabag Kesra Syamsirman. Tampak juga hadir Ketua DPRD Padangpariaman Arwinsyah, anggota DPRD Harpianda, Camat Batang Gasan Armedes beserta unsur Forkompinca, wali nagari, alim ulama, niniak mamak, dan tokoh masyarakat di kenagarian setempat.

“Dukungan yang di­berikan bukan hanya pembangunan fisik, lebih dari itu bagaimana masjid bisa dipergunakan sebagai pusat syiarnya Islam, hal ini dalam upaya perwujudan visi Padangpariaman yang religius,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Suhatri Bur juga mengajak untuk lebih mensyiarkan Islam kepada ummat dengan memulai pembangunan masjid ini. Namun katanya, kedepan harus di isi dengan ber­bagai kegiatan yang sifatnya penanaman nilai-nilai agama kepada generasi. “Terutama mendirikan sha­lat berjamaah lima waktu, ini sebuah keharusan dengan pendirian mas­jid,” ungkapnya.

Kemudian diakhir sam­­butannya, Suhatri Bur me­ngajak seluruh yang hadir untuk ikut menyumbang dengan langsung me­minpin badoncek. Pada ­ke­sem­patan itu ba­nyak yang ikut berpartisipasi, sehingga terkumpul sumbangan tiga belas juta le­bih dan langsung diserahkan kepada panitia pembangunan masjid.

Sementara itu, Camat Batang Gasan Armedes yang didampingi Wali Nagari Gasan Gadang Tri Sukma menerangkan bahwa pembangunan Masjid Ra­ya Darul Ikhlas ini berawal dari kas masjid yang sudah tersedia sebanyak 200 juta. Katanya inilah salah satu penyemangat warga ma­sya­rakat Korong Mandahiliang untuk membangun masjid yang lebih bagus dan represntatif. “Masya­rakat sangat optimis pembangunan masjid bisa cepat selesai, sesuai dengan saran pak bupati tadi, ada 4 anggota DPRD apalagi termasuk ketua DPRD adalah putra Batang Gasan,” tandasnya meng­akhiri.­(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top