Menu

Telah Beraksi di Sejumlah TKP di Sijunjung, Kawanan Pembobol Rumah Ditangkap Polisi

  Dibaca : 794 kali
Telah Beraksi di Sejumlah TKP di Sijunjung, Kawanan Pembobol Rumah Ditangkap Polisi
KUPAK RUMAH-Satreskrim Polres Sijunjung mengamankan dua pelaku pencurian spesialis kupak rumah dan satu pelaku penadah barang curian, Kamis (20/5).

SIJUNJUNG, METRO–Aksi kawanan spesialis pencurian bongkar rumah berujung di balik jeruji besi. Pelaku yang sudah membobol rumah di sejumlah TKP di Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung itu pun ditangkap tim opsonal Satreskrim Polres Sijunjung.

Selain dua pelaku pencurian dengan pemberatan, polisi juga menangkap pelaku lainnya yang berperan sebagai penadah barang hasil curian. Meski sempat berhasil beberapa kali dalam beraksi namun, jejak para pelaku akhirnya terlacak oleh polisi.

Tiga orang tersangka yang diamankan tersebut diantaranya bernama Ano (26) warga Inhu Provinsi Riau. Selanjutnya Bambang Prayetno (21) warga Lubuk Tarok yang diduga sebagai otak pelaku. Kemudian Dian (34) warga Kabupaten Kuansing, Riau yang berperan sebagai penadah.

Setidaknya dua laporan polisi kasus pencurian yang tercatat di Wilkum Polsek Lubuk Tarok. Para pelaku menggunakan alat berupa pahat besi untuk membobol rumah warga, diantaranya rumah seorang bidan desa yang bertugas di Puskesri di Lubuk Tarok.

Berawal dari laporan salah seorang korban ke Mapolsek Lubuk Tarok, tim opsonal Satreskrim Polres Sijunjung yang dipimpin Kasat Reskrim Akp Abdul Kadir Jaelani berhasil mengidentifikasi pelaku setelah melakukan penyelidikan terlebih dahulu.

Jejak kejahatan pelaku pun terlacak hingga ke Provinsi Riau, karena kuat dugaan barang hasil curian dijual pelaku di daerah Kuansing, Riau. “Dari hasil penyelidikan di lapangan, para pelaku menjual barang hasil curian ke Provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Kuantan Singingi. Sehingga kita lakukan penyelidikan kesana,” tutur Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan dan Kasat Reskrim Akp Abdul Kadir Jaelani melalui Kasubag Humas Akp Nasrul Nurdin.

Petugas menemukan handphone yang dijual pelaku berada di salah satu konter. “Dari pengakuan pemilik konter tersebut, kita mengamankan empat unit handphone dan 1 unit laptop yang diduga kuat merupakan barang hasil tindak pidana pencurian di Polsek Lubuk Tarok setelah dicocokan dengan data barang bukti sesuai laporan polisi yang ada,” paparnya.

Selanjutnya pemilik konter handphone tersebut, mengakui bahwa telah membeli barang-barang tersebut dari salah seorang temannya yang berada di Sijunjung. “Berbekal informasi itu kita lacak identitas pelaku yang sudah meresahkan masyarakat ini,” ujarnya.

Pelaku ditangkap pada Kamis (20/5) sekitar pukul 08.00 WIB. “Satu pelaku bernama Ano berhasil kita amankan di Lubuk Tarok. Kemudian menyusul pelaku lainnya bernama Bambang. Mereka mengakui sejumlah tindak kejahatan yang telah dilakukan dan meresahkan warga,” lanjutnya.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa peralatan yang dipakai pelaku saat beraksi serta barang-barang yang dibeli pelaku dari hasil penjualan hasil curian. “Ada tiga tersangka yang diamankan, dua pelaku pencurian dan satu orang sebagai penadah beserta sejumlah barang bukti,” pungkasnya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional