Menu

Teknik Elektro Unand Resmi Raih Akreditasi A

  Dibaca : 383 kali
Teknik Elektro Unand Resmi Raih Akreditasi A
Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Muhammad Imran Hamid saat diwawancarai kru Genta Andalas di Gedung Jurusan Teknik Elektro Unand, Jumat (2/8/) ( foto : gentaandalas.com)

Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas (Unand) resmi meraih Akreditas A pada 23 Juli lalu. Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Unand Muhammad Imran Hamid, ia mengatakan bahwa persiapan akreditasi sudah mulai dilakukan sejak tahun 2016 lalu dan telah tuntas pada tahun 2018.

Dikatakan Imran, salah satu indikator yang membantu Teknik Elektro mencapai akreditasi A ialah prestasi yang mampu diraih oleh peserta Pekan Kreatifitas (PKM), sebab banyak produk yang berhasil diciptakan oleh mahasiswa elektro pada kompetisi tersebut.

Pada tahun 2016, nilai yang diberikan tim asesor pada Teknik Elektro cukup tinggi. Namun, nilai itu belum bisa memenuhi standar akreditasi A.

“Kendala yang sangat berpengaruh saat itu adalah sarana dan prasarana laboratorium. Alatnya banyak yang sudah tua dan rusak,” ucap Imran di Gedung Teknik Elektro Unand, Jumat (2/8) dilansir dari gentaandalas.com.

Selain itu, lanjut Imran, persiapan juga terkendala pada penyusunan borang dan dokumen yang merupakan unsur penting di dalam proses akreditasi, ditambah dengan harus dilakukannya survei persebaran alumni oleh pihak jurusan.

“Sebuah prodi itu tidak bisa berjalan sendiri tanpa kerja sama,” ujar Imran.

Imran menuturkan, untuk mempertahankan akreditasi A tersebut, Jurusan Teknik Elektro melakukan pembenahan di berbagai bidang, mulai dari sarana dan prasarana serta proses belajar dan mengajar. Standar penilaian juga ditingkatkan dengan mengadakan semester pendek dan remedial, sehingga dapat mempercepat kelulusan mahasiswa.

Mahasiswi Jurusan Teknik Elektro angkatan 2015 Azmi mengatakan mahasiswa juga dilibatkan dalam proses persiapan akreditasi. Bentuk tindakan yang melibatkan mahasiswa seperti membersihkan ruang kelas dan ruang laboratorium.

“Dengan akreditasi A, peluang lowongan kerja semakin luas dan peminat Teknik Elektro akan bertambah,” katanya.

Berdiri sejak tahun 1995, tentu sudah saatnya bagi Teknik Elektro untuk mencapai kejayaannya. Salah satu cara yang digunakan adalah meningkatkan akreditasi. Pada tahun 2015, Jurusan Teknik Elektro berhasil mencapai akreditasi B. Tidak berhenti sampai disitu, di tahun 2019 ini kembali dilakukan re-akreditasi. Melalui berbagai persiapan yang cukup lama, akhirnya Teknik Elektro dapat meraih akreditasi A. (*/heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional