Menu

Tekan Lakalantas, Satlantas Gelar Razia

  Dibaca : 192 kali
Tekan Lakalantas, Satlantas Gelar Razia
RAZIA— Guna menekan angka kasus Lakalantas di jalan raya, Satlantas Polres Pessel menggelar razia terhadap pengendara. (mario/posmetro)

PESSEL, METRO – Jajaran Satlantas Polres Pesisir Selatan dalam menekan angka kecalakaan lalu lintas berada di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, kembali turun ke wilayah Ranah Pesisir, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan untuk menggelar giat operasi kendaraan, Selasa (14/5).

Kapolres Pessel AKBP Fery Herlambang Sik MM  melalui  Kasat Lantas Polres Pesisir Selatan AKP Denny Catur WD .S.ik, Operasi keselamatan berlalu lintas tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat berlalu lintas.

AKP Denny Catur WD Sik menyebutkan, terkait berlangsungnya kegiatan tersebut, Satlantas Polres Pesisir Selatan, akan lebih mengedepankan kegiatan preventif, edukatif dan memberikan sosialisasi penyuluhan.

”Pada kegiatan nanti selain penindakan, kami akan mengedepankan tindakan preventif pencegahan, kemudian edukatif dan sosialisasi penyuluhan berkaitan dengan berkendara yang baik,” ujar Denny.

Dikatakan Denny, dalam operasi kali ini pihaknya akan menerapkan penindakan, kemudian sisanya preventif. “Kegiatan premtif berupa imbauan-imbauan di lapangan, sedangkan preventif nanti kami akan masuk ke masyarakat terorganisir, sekolah-sekolah, PNS dan pegawai swasta,” kata Denny.

Dikatakan Denny, dalam kegiatan tersebut, pelanggaran yang menjadi prioritas sasaran operasi yaitu pengemudi di bawah umur dan pengemudi yang melawan arus, kemudian pengemudi motor berboncengan lebih dari satu termasuk pengemudi dan penumpang motor tidak menggunakan helm SNI.

”Selanjutnya, pengemudi kendaraan bermotor yang mabuk, minuman keras (miras), pengemudi yang sedang menggunakan narkoba, berkendara sambil menggunakan handphone serta berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan termasuk, kendaraan bermotor yang tidak dilengkangkapi dengan kaca spion, knalpot dan yang menggunakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) tidak standar dan kendaraan bermotor bak terbuka untuk angkut orang,” ucap Denny.

Kasat Lantas berharap, semoga dengan pelaksanaan operasi  ini dapat mendorong tercapainya tujuan operasi simpatik itu sendiri seperti dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan berlalu lintas.

”Saya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, dan melengkapi kelengkapan kendaraanya, untuk orang tua diharapkan tidak mengizinkan anaknya yang dibawah umur untuk mengendarai sepeda motor. Selanjutnya, Sayangilah diri anda dan keluarga sehingga tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Dimohon kerja samanya sehingga dapat terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” ungkapnya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional