Menu

Tekan Kasus Covid-19 di Kota Sa­wahlunto, Butuh Peran Tokoh Masyarakat

  Dibaca : 122 kali
Tekan Kasus Covid-19 di Kota Sa­wahlunto, Butuh Peran Tokoh Masyarakat
Zohirin Sayuti

SAWAHLUNTO, METRO–Terus melambungnya angka terkonfirmasi po­sitif Covid-19 di Kota Sa­wahlunto perlu kedisip­linan masyarakat untuk selalu menerapkan po­tokol kesehatan (Prokes) dengan selalu me­nge­nakan masker dengan benar.

Kemudian, sering men­cuci tangan pakai sabun diair mengalir, serta jauhi kerumunan dan menjaga jarak kontak fisik. Selain itu, peran tokoh ma­sya­rakat, pemimpin agama dan adat harus mampu bersinergi dalam me­mu­tus rantai penularan virus yang kini mulai berevolusi ke varian delta.

Wakil Walikota Sa­wah­lunto H.Zohirin Sayuti me­ngatakan, untuk menekan angka penularan Covid-19 yang terus meningkat dan menelan korban dibu­tuh­kan kerjasama semua pi­hak untuk selalu disiplin dalam menerapkan pro­tokol kesehatan. Ker­ja­sama itu bisa dilakukan dengan membangun si­ner­g­itas antara sta­ke­horders seperti mulai dari pemerintahan terdepan Desa dan Kelurahan, to­koh masyarakat, agama dan adat, serta berbagai komponen organisasi ke­masyarakata atau ko­mu­nitas.

“Dengan sinergitas ini kita pasti mampu me­nekan angka penularan bahkan memutus rantai penyebaran virus yang sudah berevolusi men­jadi varian delta yang lebih cepat bermitigasi dan me­nular ini. Tak ada cara lain, selain semua pihak me­nyadari pen­tingnya men­disiplinkan diri taat men­jalankan Prokes,” ujar Zohirin, kemarin.

Dikatakan Zohirin, si­nergitas yang dibangun bisa membantu pena­nga­nan masyarakat yang ter­papar virus asal Tiongkok tersebut dengan cepat. Sehingga tidak menu­lar­kan lagi ke orang lain atau keluarga sendiri dengan membantu warga ter­kon­firmasi positif melakukan isolasi mandiri (isoman) dengan pengawasan dan pendampingan yang cu­kup di lingkungan masing-masing. (*/pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional