Close

Tegakkan Disiplin Prajurit Lantamal II, Danpomal Pimpin Opsgaktib “Waspada Wira Pari”

PERIKSA—Tim penyidik Pomal Lantamal II Padang sedang melakukan pemeriksaan surat surat kendaraan milik seorang prajurit.

PADANG, METRO–Menindaklanjuti perintah Komando Pusat untuk menekan angka pelanggaran prajurit TNI AL, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 76 tahun 2021, Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Lantamal II melaksanakan kegiatan Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) “Waspada Wira Pari” TA 2021 dan Pekan Disiplin.

Kegiatan ini juga di­dukung oleh Provos Yonmarhanlan II. Kegiatan dilaksanakan di Jalan Sutan Syahrir Teluk Bayur Pa­dang, pukul 06.15 WIb hingga­pukul . 07.15 WIB, kemarin.

Komandan POMAL Lan­tamal II, Letkol Laut (PM) Wahyu Dwi Sulistyo, S.T., M.Tr Hanla, didampingi  Dantim Operasi Mayor Laut (PM) M Ridwan kepada POSMETRO mengatakan, kegiatan ini menargetkan para prajurit Lantamal II, PNS, maupun masyara­kat umum pengguna kendaraan yang memakai atri­but TNI.  “Kelengkapan surat kendaraan bermotor, ke­lengkapan keselamatan, maupun pelaksanaan protokol kesehatan menjadi hal utama yang menjadi target penertiban,” tegas Wahyu Dwi Sulistiyo.

Selain itu, sebut Wah­yud Dwi Sulistiyo, operasi ini di selenggarakan bertujuan untuk menciptakan prajurit di lingkungan Lantamal II yang disiplin dan tertib. Demi membangun TNI AL yang profesional dan menjadi kebanggaan rakyat, bangsa dan negara. Sebelum pelaksanaan, Danpom Lantamal II mela­ku­kan pengecekan kesiapan personel Pom Lantamal II yang terlibat.­Sua­sana Opsgaktib dengan sasa­ran Prajurit TNI AL di wila­yah Lantamal II (Lantamal)

Dalam arahannya, Letkol Laut (PM) Wahyu Dwi S menyampaikan selama pelaksanaan Opsgaktib, tetap santun tetapi tegas dalam bertindak. Sasarannya apabila ada prajurit yang terbukti melanggar khususnya dalam berkendaraan.

”Mulai penggunaan atri­but TNI, kelengkapan su­rat-surat kendaraan pribadi maupun dinas bagi seluruh prajurit dan ASN yang berdinas di Lantamal II, serta penggunaan mas­ker,” terang Danpomal dalam arahannya.  Hasilnya dari Opagaktib ini, telah didapati pelanggar satu orang prajurit. Tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan. “Se­hing­ga diberikan sanksi terhadap prajurit tersebut,” tegasnya.

Sebelumnya, Lantamal II ikut serta dalam Operasi gabungan, “Pos Gaktib Waspada Wira Pari”. Komandan PM Lantamal II, Letkol Laut (PM) Wahyu Dwi Sulistyo, S.T., M.Tr Hanla, menyampaikan OPS gabungan ini dilaksanakan bersama POM TNI, Polri dan Pol PP Kota Padang.

“Operasi gabungan ini menyisir beberapa tempat hiburan malam dan menargetkan  prajurit TNI, Polri dan ASN serta masyarakat yang tidak dapat menunjukkan surat identitas serta peredaran narkoba,” kata Wahyu Dwi Sulistyo.

Dalam Ops gabungan ini, jelas Wahyu, terjaring 1 ASN, dan 3 masyarakat yang tidak bisa menunjukkan kartu identitas.  “Selama pelaksanaan kegiatan ini tetap memperhatikan dan sekaligus menghimbau masyarakat pengunjung untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tuturnya. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top