Close

Tari Piring Pecahkan Rekor Muri

Iven yang menampilkan keanekaragaman dan kearifan lokal budaya adat Minangkabau dari seluruh pelosok nagari di kabupaten Tanah Datar itu, Sabtu (13/11) dibuka.

TANAHDATAR, METRO–Setelah vakum pada tahun 2020 akibat pandemi covid 19, akhirnya Event tahunan yang diberi nama Festival Pesona Minang­kabau 2021 pada tahun ini kembali dilaksanakan.  I­ven yang menampilkan keanekaragaman dan ke­arifan lokal budaya adat Minangkabau dari seluruh pelosok nagari di kabupa­ten Tanah Datar itu, Sabtu (13/11) dibuka secara resmi di Istano Basa Pagaruyung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, dan dihadiri langsung oleh Direktur Event Daerah Deputi Bi­dang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif Drs. Reza Pahlevi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumatera Barat Andri Yulika, Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar H. Roni Mulyadi Dt Bung­su, Forkompimda Ta­nah Datar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Pa­t­ty Richi Aprian dan unda­ngan lainnya.

“ Festival Pesona Minangkabau yang merupakan perhelatan yang be­risikan pagelaran seni budaya, promosi wisata, ku­liner dan kearifan lokal minangkabau lainnya ini diharapkan mampu menjadi sarana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan me­ngembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang da­lam kehidupan masya­ra­kat,” katanya.

Tanah Datar sebut Eka Putra, sebagai wilayah tertua dan sebagai tempat asal usul etnis minangkabau bertanggungjawab untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak putus tergerus zaman. ”Untuk itu penyelenggaraan event ini sangat tepat diselenggarakan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk menggali, melestarikan dan memajukan seni tradisional dan budaya Minangkabau,” sebutnya.

Kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bupati juga me­nyampaikan ucapan terimakasih, karena telah memilih dan menetapkan festival pesona minangkabau sebagai salah satu karisma event nusantara tahun 2021 ini, dan berharap bisa memberikan dampak positif bagi kepariwisataan khu­susnya kabupaten Ta­nah Datar.  “Meskipun kita masih dihadapkan pada pandemi covid 19, kita ha­rus selalu terus berkreasi, berinovasi melalui ber­bagai cara, ” ujar Bupati. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top