Close

Targetkan Peningkatan Kualitas SDM, Pemkab Sijunjung Gencar Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi

KERJA SAMA— Bupati Sijunjung Benny Dwifa bertukar cendera mata dengan UM Sumbar usai teken MoU.

SIJUNJUNG, METRO–Pemkab Sijunjung kian gencar menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi ne­geri (PTN). Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan pemba­ngunan daerah melalui pe­ningkatan bidang pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Tidak hanya de­ngan perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Sumbar, juga dengan perguruan tinggi swasta (PTS) telah dibuat kerjasama Pemkab Sijunjung. Selain itu  juga meliputi sejumlah universitas terdepan yang ada secara nasional seperti IPB, ITB, UNP, UNAND dan lainnya.

Kerjasama yang terbaru dilakukan Pemkab Sijunjung bersama Universitas Muhamma­diyah Sumatra Barat. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Sumbar Dr.Riki Saputra di selenggarakan di Convention Hall Kampus I Padang, Selasa (21/6).

MoU Pemkab Sijunjung dan UMSB diantaranya meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Sijunjung.

Dimana target utama pemerintah daerah untuk me­ningkatkan Indeks Pembangu­nan Manusia (IPM) secara me­nyeluruh di Kabupaten Sijunjung. “Tujuan kerjasama ini untuk mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan bagi para pihak dan sebagai mitra strategis dalam percepatan pembangunan Kabupaten Sijunjung. Terutama dalam hal peningkatan SDM,” tutur Benny Dwifa, Bupati Sijunjung.

Sejalan dengan itu, sebagai upaya dalam mencapai visi misi Kabupaten Sijunjung. “Mencapai visi Sijunjung diperlukan peran serta perguruan tinggi da­lam peningkatan kualitas pendidikan demi menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing,” tambah Benny.

Dengan demikian, kerjasama tersebut dijadikan sebagai lompatan pembangunan untuk menghasilkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sijunjung.

Rektor UM Sumatera Barat, Dr.Riki Saputra mengatakan, pihaknya berharap kerjasama yang terjalin antara Pemkab Sijunjung dengan Universitas Muhammadiyah berjalan sesuai peran dan fungsi.  “Pemerintah daerah dan perguruan tinggi memiliki visi yang sama dalam memajukan dunia pendidikan dan meningkatkan kua­litas SDM bangsa,” papar Riki.

Rektor pun mengatakan agar kerjasama yang terjalin bisa terealisasi dan dirasakan manfaatnya bagi daerah dan masyarakat Sijunjung. “Bukan hanya sebatas diatas kertas, namun bagaimana kerjasama ini berkontribusi terhadap pembangunan Sijunjung dan kampus,” harap Riki. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top