Menu

Targetkan Penghargaan Swasti Saba Wistara ke Lima Kali

  Dibaca : 191 kali
Targetkan Penghargaan Swasti Saba Wistara ke Lima Kali
TIM VERIFIKASI--Ketua Tim verifikasi Kota Sehat Tingkat Pusat memeriksa salah satu wc di Pasar Padangpanjang. (ist)

PDG.PANJANG, METRO – Lolos verifikasi dokumen di tingkat pusat, Kota Padangpanjang masuk nominasi kota sehat. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran, setelah tim verifikasi pusat menyatakan Kota Padangpanjang memenuhi indikator persyaratan lomba kota sehat tingkat nasional.

Menindaklanjuti hal itu, Tim Verifikasi Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional melakukan kunjungan lapangan ke Kota Padangpanjang. Kedatangan tim verifikasi pusat yang dikoordinatori oleh Hardian Marta, disambut oleh Walikota bersama Forkopimda serta jajaran pejabat dan tokoh masyarakat, di Pendopo Rumah Dinas Walikota kemarin.

Dalam dokumen yang diserahkan langsung kepada walikota tersebut, tim verifikasi menilai Kota Padangpanjang memenuhi sejumlah indikator sebagai prasyarat penilaian kota sehat.

Ketua Tim Verifikasi Lomba Kota Sehat Hardian Marta menyampaikan dari 202 kabupaten dan kota yang menyerahkan dokumen hanya 165 yang lolos tahapan verifikasi dokumen. “Kami mengapresiasi Walikota dan jajarannya dalam rangka implementasi program Kota sehat di Kota Padangpanjang,” sebutnya

Dikatakannya jika verifikasi dokumen itu sesuai dengan kenyataan di lapangan, maka Kota Padangpanjang bakal meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk kelima kalinya secara berturut turut. Swasti Saba Wistara merupakan tingkatan tertinggi dalam penilaian Kota Sehat,” sebut Hardian.

Sementara itu Fadly Amran dalam sambutannya menyampaikan, lomba kota sehat tingkat nasional itu, hendaknya memunculkan kesadaran dan menjadikan sebuah gerakan yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat. “Gerakan kota sehat jangan hanya menjadi gerakan dari pemerintah semata namun harus menjadi gerakan masyarakat,” ungkap Wako Fadly.

Di Kota Padangpanjang, ujar Fadly , lebih lanjut, sudah muncul gerakan gerakan yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan yang sehat seperti adanya bank bank sampah. “ mereka bukan hanya mengambil keuntungan berupa uang,tapi mereka menyadari konservasi lingkungan itu sangat penting,”Sebutnya.

Dari sejumlah contoh kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan di Padangpanjang, Fadly Amran menyakinkan kepada tim verifikasi jika Kota Padangpanjang Layak meraih penghargaan Swasti Saba Wistara itu. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional