Menu

Target Sutan Riska Soal Pelayanan Kesehatan 2023, Tak ada lagi Pasien yang Dirujuk ke Padang

  Dibaca : 126 kali
Target Sutan Riska Soal Pelayanan Kesehatan 2023, Tak ada lagi Pasien yang Dirujuk ke Padang
Sutan Riska saat bertemu ramah dengan tokoh-tokoh masyarakat Jorong Marga Makmur Nagari Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh, Minggu (25/10) malam.

DHARMASRAYA, METRO
Sutan Riska Tuanku Kerajaan, targetkan pada 2023 tidak ada lagi pasien asal Dharmasraya yang akan dirujuk ke rumah sakit di Kota Padang dan kota-kota lainnya. Hal ini merupakan salah satu program peningkatan layanan kesehatan masyarakat Dharmasraya yang menjadi prioritas Sutan Riska untuk lima tahun mendatang.

“Peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat merupakan salah satu program utama saya jika terpilih kembali sebagai bupati pada Pilkada Serentak 2020,” Ungkapnya dalam serangkaian lawatan ke Kecamatan Timpeh, Minggu (25/10) malam.

Bukti keseriusan tersebut, lanjutnya, ia mulai dengan meletakkan dasar-dasar peningkatan program layanan tersebut melalui pembangunan dan peningkatan kualitas gedung dan status Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan.

Sutan Riska menyebutkan, dengan dituntaskannya pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh yang berada di Nagari Sungai Kambut Kecamatan Pulau Punjung, merupakan salah satu bukti upaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Selain itu, juga telah didirikan RSUD Sungai Rumbai untuk memudahkan masyarakat Kecamatan Asam Jujuhan dan Koto Besar. “Karena jarak tempuh Asam Jujuhan dan Koto Besar ke Pulau Punjung jauh, sekita 2-3 jam, makanya kita didirikan RSUD di Sungai Rumbai untuk mempercepat penanganan bagi masyarakat kita,” Ungkap Sutan Riska.

Kemudian, lanjutnya, hingga 2019 pemerintah Kabupaten Dharmasraya sudah memiliki sebanyak 15 unit Puskesmas yang sebarannya berada di 11 kecamatan yang ada.

“Di kecamatan Timpeh ada 2 Puskesmas yaitu, Puskesmas Timpeh dan Puskesmas Beringin Sakti, Kecamatan Pulau Punjung ada 2 Puskesmas, yakni Sialang dan Sungai Dareh, Kecamatan Sitiung, ada Puskesmas Gunung Medan dan Puskesmas Sitiung di Blok B, totalnya ada 15 Puskesmas, minimal 1 per kecamatannya, “ Jelasnya

Demi mewujudkan pelayan prima bagi masyarakat Dharmasraya, lanjutnya, ia merencanakan status rumah sakit tersebut akan lebih ditingkatkan secara bertahap hingga memiliki kemampuan untuk memberikan layanan paripurna dengan standar peralatan yang lengkap.

“Untuk mewujudkannya membutuhkan dana mencapai Rp 150 miliar dan tentu saja sangat berat jika dibebankan ke dana APBD kita, sehingga kualitas hubungan dan harmonisasi dengan pemerintah pusat mutlak diperlukan, “ Ungkapnya.

Namun ia meyakini, dengan segala niat baik, doa dan perjuangan segenap masyarakat pemilih untuk kembali mempercayakan dirinya  kembali memimpin, semua itu tidak ada yang mustahil.

Menurutnya, menjadi pemimpin itu bukan sekadar meraih kekuasaan semata melainkan butuh ketulusan disertai program yang mumpuni dan masuk akal dalam pelaksanaannya.

Untuk melengkapi upaya tersebut, lanjutnya, ia juga sudah merancang pembangunan gedung rumah sakit baru sebanyak 4 unit dan meningkatkan beberapa Puskesmas menjadi Puskesmas rawat inap.

Kesemuanya itu, tambahnya, adalah perwujudan tekad untuk membangun Dharmasraya dengan visi jauh kedepan dan bukan sekadar meninabobokan masyarakat dengan janji memberikan program untuk beberapa tahun saja.

“Saya bersama Datuk Labuan, tokoh pemekaran sekaligus politisi senior yang sangat berpengalaman, Insya Allah akan mendampingi saya selaku calon wakil bupati menyatakan diri siap mewakafkan diri kami demi memajukan Dharmasraya dan mewujudkan cita-cita pemekaran itu sendiri, “ Tegasnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat kaum Datuk Nan Batujuah di Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, memantapkan dukungan dan berikrar untuk kembali mengantar Sutan memimpin Dharmasraya untuk periode 2021-2024.

Mewakili ninik mamak nan Batujuah Timpeh, Aleksander Datuk Mangkuto, mengatakan kebulatan tekad tersebut sudah mulai digelorakan oleh anak cucu kemenakan masyarakat adat itu dan disampaikan langsung ke Sutan Riska, dalam kegiatan temu ramah, Minggu (25/10).

“Dukungan kami kepada Sutan Riska merupakan ungkapan terima kasih kami kepadanya yang telah bekerja dan berbuat untuk Dharmasraya, khususnya untuk kecamatan Timpeh, “ Pungkasnya (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional